Bidan Praktek Mandiri Selenggarakan Edukasi Kepada Ibu Hamil

Bidan Praktek Mandiri selenggarakan edukasi bertema "Mencegah Stunting Sejak Awal Kehamilan".

Redaksi9.com - Bidan Praktek Mandiri Denpasar menyelenggarakan kegiatan edukasi dan perawatan kehamilan kepada para ibu hamil yang bertema "Mencegah Stunting Sejak Awal Kehamilan".

"Mengamati kasus stunting (tumbuh balita dengan tubuh pendek) di Indonesia mencapai 20 persen berdasarkan data dari Kemenkes. Karena itulah kami selalu melakukan edukasi kepada ibu hamil agar kasus tersebut tidak sampai menimpa bayi yang dikandungnya," kata Bidan Puskesmas Denpasar Selatan, Luh Ayu Koriawati A.Md,Keb di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan kasus stunting pada masa kehamilan ada tiga penyebab, yakni faktor genetik keturunan, gizi buruk, penyakit infeksi serta faktor lingkungan.

"Kasus stunting tersebut bisa dicegah sejak dini, karena itu perlu pemahaman tentang kesehatan dari para ibu hamil. Oleh karena itulah kami melakukan kegiatan edukasi yang berkaitan stunting," ujarnya.

Bidan kelahiran Kabupaten Bangli tahun 1977 ini, mengatakan kegiatan edukasi sudah dilakukan sejak tahun lalu dengan kegiatan sebanyak tiga kali. Dan tahun pihaknya juga melaksanakan sebanyak tiga kali.

"Kegiatan edukasi tahun ini pesertanya mencapai 100 orang. Dan kegiatan ini juga mendapat dukungan dari rumah sakit dan Lovamil - perusahaan produksi makanan tambahan bagi ibu hamil. Kami berharap melalui kegiatan ini mendapatkan pengetahuan bagi ibu hamil yang hadir, sehingga bisa ditularkan kepada ibu hamil lainnya," ibu bidan dengan tiga anak tersebut.

Koriawati menjelaskan untuk mendapatkan pengetahuan dan pengawasan gizi dimulai dari bayi dalam kandungan hingga berumur 2 tahun. Karena pada masa ini bayi hingga menjadi Balita memerlukan asupan gizi sesuai dengan kebutuhannya tubuhnya.

"Pada masa kehamilan bayi yang dikandungnya harus mendapatkan asupan gizi secukupnya sesuai dengan kebutuhan, begitu juga kebutuhan tersebut akan berlanjut hingga balita umur dua tahun," ujarnya.

Sementara itu, Bussiness Representatif Kalbe Nutritionals I Wayan Gede Pramadika mengatakan para ibu hamil sangat penting mendapatkan nutrisi tambahan saat kehamilan.

"Terkait edukasi yang dikemas dalam 'talkshow' tersebut akan dilakukan berkesinambungan hingga bulan Desember mendatang," ujarnya. (kis)

TAGS :

Komentar