Bagian Humas Denpasar Selenggarakan Bimtek Keprotokolan

Bagian Humas Denpasar Gelar Bimtek Keprotokolan

Redaksi9.com - Pemerintah Kota Denpasar, Bali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan dalam upaya memberikan pemahaman dan meningkatkan profesionalisme serta dedikasi menjalankan tugas tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Rai Iswara  di dampingi Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Denpasar, Kamis, mengatakan kegiatan bimtek sangat penting dilakukan guna meningkatkan profesionalitas dan dedikasi dalam menjalankan tugas keprotokolan.  

Selain itu, kata Rai Iswara, koordinasi antar-organisasi perangkat daerah (OPD) yang baik sangat diperlukan khususnya dalam menyambut tamu kenegaraan ataupun kegiatan internasional. Terlebih sebagai Ibu Kota Provinsi Bali sering digelar acara-acara yang berskala nasional dan internasional.

"Humas dan Protokol adalah garda terdepan dalam pelayanan informasi kehumasan dan keprotokolan,  sehingga acara ini sangat saya apresiasi," kata Rai Iswara.

Lebih lanjut disampaikan Rai Iswara, bahwa petugas protokol harus memiliki integritas yang tinggi, kapabilitas,  kemampuan manajerial, bertanggung jawab, serta komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik ini tentunya harus terus terjalin dengan baik khususnya dengan OPD dan pemangku kepentingan terkait, karena setiap tugas tentu harus melewati koordinasi dengan OPD terkait.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar Dewa Gede Rai menambahkan bahwa sesungguhnya keberhasilan suatu acara tidak terlepas peran petugas protokol.

"Untuk itulah seorang protokol harus mempunyai kemampuan, pengetahuan dan wawasan yang luas dan bisa sigap dalam mengambil keputusan di lapangan," kata Dewa Rai.

Sementara itu,  Ketua Panitia Penyelenggara Bimtek, Ni Made Sugiani yang juga Kasubag Perjalanan Dinas dan Protokol mengatakan kegiatan ini berlangsung selama dua hari (14-15 November).

Pembicara pada hari pertama adalah Kepala Bagian Humas Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Santy Sastra Production Putu Suprapti Santy Sastra dan Putu Dessy Fridayanthi, Dosen Dari Universitas Udayana Anak Agung Oka Saraswati.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan terciptanya peningkatan pelayanan keprotokolan dengan jumlah peserta 30 orang. Selain itu, kerja sama dan koordinasi lintas OPD juga semakin terjalin dengan bekal yang sudah diberikan oleh pembicara.

Salah satu peserta Bimtek,  Ni Made Ayu Satyadirti dari perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar mengatakan acara ini sangat bermanfaat karena OPD juga kerap kali mengadakan acara internal yang mendatangkan tamu-tamu penting.  

"Kegiatan ini sangat bermanfaat sehinga bisa memberikan pengetahuan tambahan terkait pentingnya tata tempat, tata acara dan komunikasi keprotokolan," katanya. (kis)

TAGS :

Komentar