Pemkot Denpasar bentuk satgas desa dan kelurahan antisipasi COVID-19

Kabah Humas dan Protokol Kota Denpasar Dewa Gede Rai.

Redaksi9.com - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, terus membangun sinergi dengan pemangku kepentingan dalam pembentukan satuan tugas (Satgas) mulai dari organisasi perangkat daerah hingga tingkat desa dan kelurahan dalam upaya mengantisipasi wabah COVID-19.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Denpasar, Rabu, menjelaskan desa dan kelurahan sebagai lapisan terbawah pemerintah memiliki peranan yang penting. Karena itu pihaknya dalam pembentukan Satgas mereka harus dilibatkan.

"Karena aparat desa dan kelurahan memiliki akses langsung yang berdekatan dengan masyarakat. Sehingga dengan cara-cara yang persuasif dan kekeluargaan mampu memberikan edukasi bagi masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 atau virus corona," katanya.

Adapun Satgas COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan nantinya bertugas untuk melakukan pemantauan wilayah memberikan nasihat, imbauan dan memonitoring serta evalusai pelaksanaan kegiatan pencegahan COVID-19. Di samping itu juga bertugas mencegah, seperti penyemprotan cairan disinfektan secara rutin.

Baca juga: Tingkatkan Kewaspadaan, RSUD Wangaya Produksi APD Face Shield

Baca juga: Kampanye #TetapTerjaga, langkah terbaru Bluebird Bali hadapi COVID-19

Ia mengatakan dengan langkah tersebut sehingga sinergitas penanganan hingga lapisan terbawah diharapkan efektif dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

"Tentunya langkah preventif guna memutus penyebaran dapat dilaksanakan langsung di masyarakat, mulai dengan sosialisasi terkait pembatasan atau jarak bertatap muka (social and physical distancing) menerapkan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun, serta memastikan arahan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kota dapat terlaksanakan dengan baik," kata Dewa Rai.

Sementara itu, Ketua Forum Perbekel (Kepala Desa) dan Lurah Kota Denpasar, I Gede Wijaya Saputra menjelaskan, semua desa dan kelurahan telah membentuk Satgas COVID-19. Seluruh elemen masyarakat terlibat langsung dan bahu membahu dalam memutus penyebaran virus corona ini. mulai sekaa Teruna (ST), Linmas, Pecalang dan elemen masyarakat lainnya.

"Tentu dengan adanya Satgas COVID-19 ini diharapkan dapat efektif dalam memutus penyebaran virus corona," kata Dewa Rai menegaskan.(kis)

 

TAGS :

Komentar