KPU Gelar Donor Darah Bantu Stok PMI

Donor darah di KPU Denpasar

Redaksi9.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali memprakarsai kegiatan donor darah, Senin (13/4) bertempat di KPU Kota Denpasar.

Peserta donor darah adalah ketua KPU Provinsi Bali, ketua dan anggota KPU Kabupaten/Kota, sekretaris dan staf, PPK dan jurnalis.

Dalam kegiatan ini terkumpul 35 kantong darah yang di fasilitasi oleh PMI Bali.

Menurut Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Lidartawan, tujuan kegiatan adalah KPU turut berkontribusi menjawab panggilan kemanusiaan dalam rangka memastikan ketersediaan darah ditengah pandemi COVID-19.

Dalam kegiatan ini sangat memperhatikan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan memutus penyebaran pandemi COVID-19. Peserta datang secara bergiliran untuk menghindari kerumunan banyak orang.

Sementara, menurut Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya, KPU Denpasar melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin pagi dan sore secara swadaya, menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan portable, menerapkan physical distancing serta mewajibkan seluruh peserta menggunakan masker.

Kordinator unit Transfusi Darah PMI Bali I Made Geria dalam wawancaranya menjelaskan, stock pasokan darah di unit transfusi darah PMI Bali saat ini dalam kondisi kekurangan stock darah karena pasca merebaknya Covid-19 banyak kelompok donor menunda kegiatan donornya.

Geria mengatakan, kebutuhan darah berkisar 120 kantong per hari yang biasanya bersumber dari sukarelawan, namun saat ini pendonor turun drastis smpai 50 persen sehingga menjadi kendala bagi PMI dalam memenuhi pasokan darah.

PMI tidak tinggal diam dan berupaya dengan meminta bantuan dari instansi seperti TNI, Polri, Instansi pemerintah serta membuka unit layanan darah sukarela di unit kami di RS Sanglah.

Atas kekurangan pasokan tersebut, kata Geria, PMI memohon kepada keluarga pasien untuk bersedia mendonorkan darahnya sehingga dapat membantu pemenuhan kebutuhan darah PMI sebagai pengganti.

"Kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh sukarelawan dan instansi seperti ini sangat membantu PMI dalam memenuhi pasokan darah," ujarnya. (ira).

TAGS :

Komentar