MGPSSR Bali Bentuk Satgas Covid-19 dan Gelar Aksi Sosial di Tabanan

MGPSSR Bali Bentuk Satgas Covid-19 dan Gelar Aksi Sosial di Tabanan

Redaksi9.com - Lembaga keumatan Mahagotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

"MGPSSR Bali baru saja menggelar Loka Sabha yang telah menetapkan kepengurusan yang baru masa bhakti 2020-2025 dan kami langsung membentuk Satgas Covid-19,’" ujar Sekretaris MGPSSR Bali Pandu P. Lagosa SH, MH saat gelar aksi sosial relawan Satgas Covid-19 MGPSSR Bali, di Tabanan, Minggu.

Ia mengatakan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan dampak ekonomi yang ditimbulkan, belum lama ini MGPSSR Bali mengeluarkan surat keputusan yang ditandatangani Ketua MGPSSR Bali I Nyoman Giri Prasta Nomor 01//MGPSSR Bali/V/2020 tentang penetapan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19  MGPSSR Bali. Ditetapkan sebagai Ketua Satgas Covid-19 MGPSSR Bali I Putu Bagus Suryadi, S.Sos.

Aksi sosial relawan Satgas Covid-19 MGPSSR Bali berupa penyemprotan desinfektan, pembagian masker dan hand sanitizer, pembagian paket sembako dan sosialisasi pencegahan Covid-19 yang dilakukan secara simbolis di 5 Griya Ida Pandita Mpu di Tabanan.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan Sekretaris MGPSSR Bali Pandu P Lagosa, SH, MH, Ketua Satgas Covid-19 MGPSSR Bali I Putu Bagus Suryadi,S.Sos, Ketua MGPSSR Tabanan Drs. I Wayan Tontra, MM. bersama relawan yang jumlahnya terbatas.

Baca juga: Pemkab Tabanan Berkomitmen Tingkatkan Ketahanan Pangan

Ketua Satgas Covid-19 MGPSSR Bali I Putu Bagus Suryadi, S. Sos menjelaskan aksi sosial dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 ini rencananya akan digelar di seluruh kabupaten/kota se-Bali, yang menyasar Ida Pandita Mpu dan warga semeton Pasek yang kurang mampu. Namun untuk program pertama ini difokuskan di wilayah Tabanan.  

Dalam aksi sosial yang digelar Minggu (17/5), Satgas Covid-19 MGPSSR Bali tetap melakukan aksinya sesuai protokol kesehatan Covid-19, dimana relawan satgas menggunakan masker, tetap menerapkan physical dan social distancing. Hanya dilakukan beberapa orang relawan.

Aksi sosial yang dilakukan secara simbolis di 5 Griya Ida Pandita Mpu di Tabanan, di antaranya Ida Pandita Mpu Prateka Jnana Samyoga - Griya Agung Dukuh Gamongan Taman Tabanan, Ida Pandita Mpu Rsi Siwa Putra Sanatana Daksa Manuaba - Griya Pesraman Wana Indra Gni Manuaba Banjar Dauh Pala Desa Dauh Peken Tabanan, Ida Pandita Mpu Griya Sakenan, Ida Pandita Mpu Dukuh Ananda Preteka Dukuh Prabu - Griya Prabu Banjar Pangkung Prabu Desa Delod Peken dan Ida Pandita Mpu Parama Yogiswara Griya Gede Manik Mas Gerokgak Tabanan.

Untuk selanjutnya, Bagus Suryadi menegaskan, penyemprotan desinfektan, bantuan masker, hand sanitizer, sembako dan sosialisasi pencegahan Covid-19 akan dikoordinir MGPSSR Tabanan dan teknik penyalurannya akan dilaksanakan oleh pengurus MGPSSR kecamatan se-Tabanan yang akan menyasar Ida Pandita Mpu dan warga semeton pasek yang kurang mampu. ‘’Teknik penyerahan batuannya tetap mengedepankan protokol kesehatan,’’ ujar Bagus Suryadi.

Bagus Suryadi menambahkan, aksi sosial ini selain didukung dari donasi pengurus MGPSSR Bali juga banyak mendapat support dari semeton Pasek baik di Bali maupun yang tinggal di luar Bali. Satgas Covid-19 MGPSSR Bali masih membuka donasi baik dalam bentuk uang tunai maupun barang, yang selanjutnya akan melanjutkan aksi sosial Covid-19 ke kabupaten/kota se-Bali. (rls)
    

 

TAGS :

Komentar