Pemkot Denpasar Salurkan Sembako ke Pelaku Pariwisata di PHK

Pemkot Denpasar salurkan sembako ke pelaku pariwisata di PHK.

Redaksi9.com - Pemerintah Kota Denpasar, Bali menyalurkan sembako kepada warga pekerja sektor pariwisata yang dirumahkan atau putus hubungan kerja (PHK) akibat terdampak COVID-19.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Denpasar, Rabu, mengatakan pemberian paket sembako ini juga secara berkelanjutan diserahkan dan diutamakan bagi keluarga yang kurang mampu, kaum disabilitas, para lansia dan penyandang masalah kesejahteraan sosial lainn.

"Saat ini sekitar 243 orang pelaku pariwisata di Kota Denpasar mendapatkan bantuan sembako dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang difasilitasi Pemerintah Kota Denpasar," katanya.

Saat ini bantuan paket sembako kepada pekerja Parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif) dengan harapan mampu membantu kebutuhan dasar bagi masyarakat yang terdampak virus corona.

Dikatakan selain, masyarakat terdampak COVID-19 dari pelaku pariwisata,  juga orang yang berstatus ODP, PDP dan keluarga yang positif COVID-19, serta karyawan yang mengalami PHK dan yang dirumahkan, serta dari pekerja sektor informal lainnya. Selain sembako Pemerintah Kota Denpasar juga memberikan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari APBD.

Jaya negara lebih lanjut mengatakan penyerahan bantuan ini tetap mengutamakan protokol kesehatan di antaranya menjaga jarak fisik, penggunaan masker serta menggunakan "system drive true"

Baca juga: Pemkot Denpasar Kerjasama Satgas Gotong-Royong bagikan Masker

Baca juga: Satu Orang Lagi Positif Covid-19 di Denpasar

Ia memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang turut serta dalam membantu masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat COVID-19.

Wawali Jaya Negara juga mengajak mayarakat untuk terus waspada dan selalu menjaga diri agar penyebaran virus dapat dihentikan.

"Mari tingkatkan kewaspadaan, mengikuti anjuran pemerintah, jika tidak mendesak lebih baik dirumah saja, biasakan diri dengan PHBS, cuci tangan pakai sabun pada air mengalir," ujar Jaya Negara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani mengatakan latar belakang dari program ini adalah lumpuhnya sektor pariwisata akibat pandemi COVID-19. Oleh karena itu, Pemkot melalui Dinas Pariwisata menyalurkan bantuan yang diberikan Kementerian Parekraf yang secara keberlanjutan diserahkan kepada masyarakat terdampak.

Adapun paket bantuan yang diberikan seperti Beras 5 kilogram, minyak goreng, kecap manis, gula pasir, sarden serta mie instan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang telah memberikan bantuan. Mudah-mudahan masyarakat yang terdampak paling utama karena masalah Covid-19 ini bisa dikurangi bebannya," katanya. (kis)

TAGS :

Komentar