Komunitas 4BR Gelar Bakti Sosial Kesehatan kepada Lansia

Para lansia diajak senam dengan mengikuti irama lagu di Kerambitan, Tabanan.

Redaksi9.com - Sehari setelah "Ngembak Geni" Nyepi Saka 1941, kumpulan alumni SD Belumbang, Kabupaten Tabanan dari berbagai angkatan yang tergabung dalam komunitas sosial "Belumbang Bangkit Bersatu Bekerja dan Religius (4BR)" menggebrak dengan kegiatan bakti sosial kesehatan, khusus untuk para lanjut usia (lansia).

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Rumah Sakit Kasih Ibu Tabanan, RSIA Dedari Kupang, Barta Klinik dan Puskesmas Kerambitan II Kabupaten Tabanan, Bali.
       
Pada kegiatan tersebut sedikitnya 100 orang lansia Desa Belumbang Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan  memperoleh pemeriksaan dokter spesialis penyakit dalam dan spesialis jiwa, pemeriksaan laboratorium gratis, serta dihibur penyanyi pop Bali Agung Wiradana.

Ratusan lansia diajak bergoyang mengikuti irama lagu Goyang Linggis, Goyang Kelingking dan lagu terbarunya Tresna Bali-Kupang

"Kami sangat senang karena sangat jarang acara pemeriksaan kesehatan langsung oleh dokter Spesialis dan pengobatan gratis digabung dengan acara hiburan, sambil goyang-goyang happy tadi," kata Nengah Ranggen seorang koordinator Lansia Desa Belumbang.

Sebelum pemeriksaan kesehatan dan hiburan, para lansia diajak untuk terus beraktifitas aktif baik berolahraga maupun semampunya berperan aktif di bidang sosial tanpa merasa cukup dan merasa tua, oleh dr. Shinta Widari SpKJ dalam ceramah kesehatan jiwa. Dalam ceramahnya juga disinggung gejala-gejala awal gangguan jiwa yang patut diwaspadai.

Sementara itu, Direktur RS Kasih Ibu Tabanan dr. Ketut Sumiartha dan dokter konsultan Geriatri dr. Agus Sastrawan SpPD.K mengimbau para lansia untuk lebih rajin memeriksakan kesehatan baik di Puskesmas maupun di rumah sakit untuk melakukan penanganan secara dini masalah-masalah kesehatan khusus lansia. Di samping selalu secara rutin melakukan kegiatan fisik dan rekreasi.

Kepala Puskesmas Kerambitan II, Kabupaten Tabanan dr. Yudia mengucapkan terima kasih kepada dokter-spesialis yang ternyata hampir semua pernah bertugas di Puskesmas Kerambitan yang telah membantu pelaksanaan program kesehatan bagi para lansia (Geriatri) melalui Bakti Sosial 4BR tersebut.

Acara bakti sosial yang tergolong unik ini kemudian ditutup dengan acara makan nasi jinggo bersama, baik panitia dari 4BR, para dokter dan perawat dan para lansia. (rls)

Komentar