Gunung Agung Erupsi Kembali Keluarkan Abu

Ilustrasi - Gunung Agung di Bali

Redaksi9.com - Keberadaan Gunung Agung di Kabupaten Karangasem yang sempat "tidur" kini kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak pada Jumat (15/3) pada pukul 18.27 Wita.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali I Made Rentin di Denpasar, Jumat, menyebutkan kolom abu Gunung Agung teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang, condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi sekitar 1 menit 23 detik.

Made Rentin menyatakan Bali tetap aman walaupun gunung tertinggi di Bali mengalami erupsi, dan dari pantauan tidak ada dampak merusak. Untuk status gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu tetap Siaga (level 3), dengan daerah bahaya dalam radius empat kilometer.

Rentin menambahkan, di daerah Desa Tongtongan, Ban, Kubu, sebagai dampak erupsi telah terjadi hujan debu tipis dengan intensitas ringan. Demikian di Desa Sukadana, Karangsari juga terpapar abu. Hujan abu juga dilaporkan terjadi di Tianyar Barat dan Tianyar Timur, Karangasem.

"Terkait ketersediaan masker sejauh ini masih sangat cukup, demikian juga logistik sangat cukup dan siap digerakkan jika dibutuhkan," ujarnya. (kis)

Komentar