Presiden Jokowi Harapkan Masyarakat Mampu Lestarikan Kebudayaan Bali

Presiden Joko Widodo saat bertatap muka dengan tokoh masyarakat di Bali

Redaksi9.com - Presiden Republik IndonesiaI Joko Widodo harapkan masyarakat dapat menjaga kelestarian kebudayaan Bali, maka dari itu para pemangku kepentingan di desa pakraman untuk selalu bersatu menyelamatkan budaya tersebut.

"Saya harapkan pemerintah daerah, para pemangku kepentingan di desa pakraman agar mampu menjaga kelestarian budaya Bali. Untuk itu saya harapkan semua masyarakat Bali menjaga "taksu" budaya Bali," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertatap muka dengan tokoh masyarakat Bali di Taman Budaya Denpasar, Jumat malam.

Presiden Jokowi berpesan untuk menyelamatkan kebudayaan Bali adalah masyarakat itu sendiri. Karena itu peran adat sangat kuat menjadi garda terdepan untuk menyelamatkan kebudayaan tersebut.

"Saya apresiasi kepada masyarakat Bali yang telah mampu menjaga kebudayaan Bali tersebut. Karena itu pemangku kepentingan harus saling bersinergi menyelamatkan seni budaya Bali," ucapnya.

Jokowi juga menyebutkan bangsa Indonesia terdiri dari suku, budaya yang berbeda, namun semua itu adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kegiatan tatap muka bersama Presiden Jokowi dihadiri dari berbagai unsur masyarakat Bali, antara lain para rohaniawan Hindu, desa pakraman, pekaseh, lurah, sekaa teruna, dan unsur pemerintah lainnya.

Sebelum tatap muka dengan tokoh masyarakat Bali, Presiden Jokowi meresmikan pasar tradisional terbesar di Bali, yakni Pasar Badung, Kota Denpasar. Pada peresmian pasar tersebut disuguhkan tari Pendet massal dengan penari sebanyak 2.000 orang dari siswa SMA/SMK se-Kota Denpasar.(kis)

TAGS :

Komentar