DRPD Bali Ajukan Raperda Inisiatif Sistem Pertanian Organik

I Gusti Budiarta

 

Redaksi9.com - DPRD Bali  mulai serius membangun pertanian Bali dan meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satunya dengan mengajukan Rancangan Peraturan Daerah Raperda Inisiatif DPRD Bali,  tentang sistem pertanian organik.


"Kami ingin petani lebih maju dan sejahtera. Sistem pertanian organik ini akan mempercepat kesejahteraan petani. Selain juga mendukung upaya Bali sebagai pulau organik,” ujar  I Gusti Putu Budiarta selaku Ketua Pansus Raperda Inisiatif PRD Bali Sistem Pertanian organik.


Ia menambahkan, pertanian organik ini akan  mengubah pandangan wisatawan bahwa Bali itu hijau. Dulu, kata dia, petani Bali memiliki varietas unggul. Emang dari segi  produksi agak lambat tapi hasilnya lebih bagus. Sekarang, dengan sistem teknologi, malah varietas unggul hilang.  “Dulu Thailand belajar ke Indonesia  tentang sistem pertanian dan kini mereka malah lebih maju dari petani kita,” imbuhnya. 

Dalam rapat pansus yang dipimpin IGB Alit Putra,  menyepakati raperda ini kemudian disampaikan dalam sidang paripurna dengan Gubernur Bali.
Dalam raperda juga diatur semacam pemberian intensif bagi para petani yang melakukan budidaya pertania organik. Namun, kepastian intensif  akan dibahas lebih detil yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemprov Bali.


Ia juga mengatakan akan ada lembaga yang mengatur tentang produksi hingga panca panen termasuk soal harganya. “Akan ada lembaga pemerintah yang mengawal agar harga menjadi terjangkau,” ujarnya. (ira)



    

 

Komentar