BI Sebutkan Kinerja Penjualan Eceran Triwulan II 2019 Meningkat

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali Causa Iman Karana,

Redaksi9.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menyebutkan hasil survei penjualan eceran pada triwulan II 2019 terindikasi mengalami peningkatan, meski dalam level terbatas.

"Hal ini tercermin pada pertumbuhan nilai total penjualan yang tercatat mengalami pertumbuhan 1,1 persen, atau jauh lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan lalu yang tercatat mengalami kontraksi -3,58 persen," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali Causa Iman Karana, dalam acara diskusi di Sanur, Bali, Kamis.

Ia mengatakan pertumbuhan bersumber dari kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya, suku cadang dan aksesori, serta kendaraan. Dengan demikian pelaku usaha optimistis akan membaiknya kinerja sektor tersebut.

Menurut Causa, hal ini tercermin pada ekspektasi penjualan pada tiga dan enam bulan yang akan datang, yang berada pada level optimis (>100). Indeks ekspektasi total penjualan tiga bulan akan datang tercatat sebesar 129 poin, sedangkan indeks ekspektasi total penjualan enam bulan yang akan datang tercatat sebesar 154 poin.

"Dari sisi harga, pedagang tetap memperkirakan akan terjadi kenaikan harga pada tiga dan enam bulan yang akan datang. Hal ini tercermin dari indeks perkiraan perubahan harga secara umum tiga dan enam bulan yang nilainya berada diatas 100 poin," ucapnya.

Dengan demikian indeks perkiraan perubahan harga pada tiga bulan berikutnya tercatat sebesar 133 poin, sedangkan indeks perkiraan perubahan harga pada enam bulan yang akan datang tercatat pada posisi 172 poin.

"Meski berada pada level optimis, indeks ekspektasi selama tahun 2019 tercatat mengalami tren penurunan. Hal ini menggambarkan semakin terjaganya ekspektasi inflasi dari sisi pedagang," ucapnya. (kis)

 

Komentar