Badung Pilot Project Pembinaan Kesehatan Jemaah Haji

Kementerian Agama Kabupaten Badung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan Dinas Kesehatan Badung melaksanakan sosialisasi kepada Calon Jemaah Haji Kabupaten Badung Tahun 2020, Senin (5/9) di Puspem Badung.

Kementerian Agama Kabupaten Badung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan Dinas Kesehatan Badung melaksanakan sosialisasi  kepada Calon Jemaah Haji Kabupaten Badung Tahun 2020, Senin (5/9) di Puspem Badung.

Disamping sosialisasi juga diadakan test kebugaran secreening PTM (Penyakit Tidak Menular) terhadap calon jemaah Haji. Selain diikuti calon jemaah haji dari Kabupaten Badung, test kebugaran juga diikuti dari Kabupaten dan Kota se-Bali, mengingat Badung sebagai Piloting Pembinaan calon Jemaah Haji tahun 2020.

I Gusti Agung Alit Naya selaku penyelenggara yang sekaligus Kasi  Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Badung mengatakan, kegiatan ini merupakan program pemerintah bersama Kemenag dan Kemenkes. Tujuannya untuk menjaga kondisi calon jemaah haji agar sehat untuk keberangkatan tahun 2020 nanti. "Beda antara sehat dengan bugar, kalau sehat harus diikuti dengan kebugaran. Kebugaran ini harus kita lihat dari adanya beberapa kegiatan, salah satunya adanya pemeriksaan tekanan darah, dan ada lagi secreening akan menentukan apakah ada riwayat sakit atau tidak," jelasnya. "Saat ini kita siapkan pemeriksaan dan kegiatan pembekalan atau sosialisasi. Ini merupakan persiapan dalam masa tunggu. Ketika nanti keberangkatan Tahun 2020, tinggal mereka memeriksakan kesehatannya di puskesmas tahap pertama dan di rumah sakit tahap kedua mendekati 6 bulan sebelum keberangkatan ke tanah suci," imbuhnya.

Untuk di Badung kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan dan dengan bekerjasama dengan pemerintah provinsi, mengingat kabupaten Badung dan Denpasar kuota Hajinya paling banyak. Jumlah peserta yang akan berangkat sebanyak 195 orang. Kabupaten Badung dan Provinsi Bali masa tunggunya hampir 14-20 Tahun untuk menunggu giliran akan mendapatkan keberangkatan.

Hadir dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesehatan Pengobatan Tradisional Provinsi Bali, Ir. I.G.A. P. Mahadewi, M.Kes, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Badung Drs I Gusti Agung Gede Manguningrat, M.Ag., Para Narasumber dari Kementrian Agama Badung dan dari Dinas Kesehatan Badung.(kis)

 

TAGS :

Komentar