Peringati Bulan Bung Karno, Kesbangpol Bali Gelar Seminar Nasional Bertema Kebertahanan Bali Segara

Sekda Dewa Made Indra didampingi Kepala Badan Kesbangpol Bali IGN Wiryanata dalam Seminar Nasional Kebertahanan Bali Segara, di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Denpasar, Selasa (6/6).

Redaksi9.com - Memperingati Buan Bung Karno, Badan Kesbangpol Provinis Bali menggelar Seminar Nasional Kebertahanan Bali Segara dengan tema “Trisakti Bung Karno untuk Kebertahanan Pengider Bali” di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Denpasar, Selasa (6/6/2023).

Dalam sambutan pembukaannya, Sekda Dewa Made Indra  yang membacakan sambutan Gubernur Bali menjelaskan, seminar nasional ini digelar serangkaian Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni dan peringatan Bulan Bung Karno selama bulan Juni ini. “Seminar nasional ini serangkaian Bulan Bung Karno selama bulan Juni ini,” tegasnya.

Mengenai tema yang diambil yakni kebertahanan Bali Segara ini, dia menilai, sangatlah penting. Menurutnya, laut memiliki makna kekuatan spiritual untuk mencegah pengaruh buruk terhadap Bali. Selain itu, secara sekala (nyata, red), segara atau laut memiliki makna ekonomi yang luar biasa dan jika mampu dikelola dengan baik akan memberi manfaat kesejahteraan bagi masyarakat.

Namun hingga saat ini, Dewa Made Indra menilai, laut belumlah dikelola secara maksimal. Kalaupun sudah dikelola, tegasnya, baru sebatas pengambilan ikan dan menggunakan laut sebagai atraksi wisata air. “Banyak potensi yang belum tergarap seperti rumput laut, terumbu karang, serta yang lainnya yang nanti akan dibahas dalam seminar nasional ini,” tegasnya.

Karena belum digarap secara maksimal, tegas Dewa Made Indra, menjadikan seminar nasional Kebertahanan Bali Segara ini amatlah penting. Dalam seminar akan dihadirkan sejumlah narasumber yang meneropong dari sisi sekala dan niskala. Dari sisi sekala, apa saja potensi yang ada di laut dan bagaimana mengelolanya secara baik.

Selanjutnya, ada juga teropong dari sisi niskala. Untuk materi ini akan akan hadir narasumber I Ketut Sumarta yang juga Penyarikan atau Sekretaris MDA Provinsi Bali. “Beliau sangat paham soal ini sehingga kami berharap peserta bisa bertanya sebanyak-banyaknya mengenai potensi laut dari sisi sekala dan niskala,” tegasnya.

Setelah memberikan sambutan, Sekda Dewa Made Indra pun membuka secara resmi Seminar Nasional Kebertahanan Bali Segara dengan tema “Trisakti Bung Karno untuk Kebertahanan Pengider Bali”. (ira)

TAGS :

Komentar