Sekda Denpasar Raih Penghargaan Terbaik Pertama Kota se-Indonesia Digital Leadership Goverment Award 2023

Sekda Alir Wiradana saat menerima penghargaan di Jakarta. (Foto:ist hms)

Redaksi9.com - Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana meraih penghargaan Sekreatrian Kota Terbaik Pertama Kota Se-Indonesia Digital Leadership Government Awards (DLGA) Tahun 2023 untuk Kategori Collaboration dan Engagement dari Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI).  Penghargaan diserahkan oleh  Kementerian Dalam Negeri dalam kesempatan ini diwakili oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Teguh Setyabudi didampingi Ketua ASKOMPSI H. Muhammad Faisal ini diterima langsung Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana di Grand Ballroom JIEXPO, Convention Center dan Theater Jakarta, Kamos (27/7).
 
Sekda Kota Denpasar masuk finalis Digital Leadership Government Awards (DLGA) Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Tahun 2023 terkait penerapan Digital Goverment kategori kota, bersama dua kota di Jawa Tengah yakni Kota Semarang dan Kota Surakarta. Tampak mendampingi Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Cokorda Gede Partha Sudarsana.
 
Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana usai menerima penghargaan mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti keterlibatan dan pemahaman ASN dalam menjalankan program berbasis digital. Hal ini dilaksanakan melalui SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik) dan Perwali Smart City.
 
“Menjalankan Strategi Kepemimpinan Digital dengan membagi dua layanan yakni Front Office yaitu semua aplikasi layanan publik terpadu dalam Super Application DPS (Denpasar Prama Sewaka) yang berisi fitur lintas OPD serta Layanan Back Office dalam DIVOS (Denpasar Integrated Virtual Office) yang berisi aplikasi internal Pemkot Denpasar seperti Surat Menyurat Elektronik (e-surat), Kinerja dan Absensi Pegawai (Simak Dihati), Progress Anggaran dan lainnya," ujarnya.
 
Ditambahkannya, dalam DPS saat ini yang paling popular di masyarakat adalah Layanan Pengaduan. Sehingga pengaduan masyarakat dapat tertangani dengan baik dan cepat.
 
"Melalui aplikasi DPS pengaduan masyarakat bisa direspon dan ditangani dengan cepat. Tercatat rata-rata penanganan pengaduan oleh OPD adalah satu hari dari batas waktu tujuh hari sesuai Perwali. Kami mempunyai Dashboard untuk memantau dan mengontrol kedua layanan publik dan layanan internal tersebut," ujarnya
 
Selain itu kata Alit Wiradana, dalam menjalankan Kepemimpinan Digital diperlukan dukungan SDM yang memiliki kompetensi digital memadai. Sehingga guna mewujudkan SDM Digital, Pemkot Denpasar membangun kolaborasi dengan Pemerintah Pusat, Pemda, Perguruan Tinggi, Komunitas dan Praktisi dalam berbagai skema. Hal ini antara lain Digital Talents Scholarship (DTS), Digital Leadership Academy (DLA) dan lainnya.
 
Hal yang telah dilakukan untuk mewujudkan tranformasi digital Antara lain ikut serta dalam IGA (Innovative Government Award), KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik/Sinovik) serta terus mengembangkan DPS sebagai inovasi unggulan Pemkot Denpasar, kerjasama luar negeri seperti dengan Kota Darwin Australia, Kota Mossel Bay Afrika, British College untuk peningkatan perekonomian, ketenagakerjaan, pendidikan dan pariwisata, kerjasama antar pemda dalam penanganan Inflasi,  kerjasama dengan Komunitas/Kelompok Masyarakat seperti Dewan Smart City, Relawan TIK, Mafindo dan lainnya," ucap Alit Wiradana.
 
Sementara itu Ketua ASKOMPSI, H. Muhammad Faisal mengatakan pelaksanaan Digital Leadership Government Awards ASKOMPSI tahun 2023 ini  dalam rangka mendorong percepatan terwujudnya Transformasi Digital di daerah dan sebagai tindak lanjut pelaksanaan kegiatan serupa pada tahun 2022 lalu.
 
“Berdasarkan  hasil penilaian  dari tim penilai ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2023 telah ditetapkan beberapa daerah sebagai finalis dalam tiga kategori yaitu kategori Provinsi, Kabupaten dan Kota. Proses penilaian telah dimulai sejak akhir bulan Juni,” ujarnya.(rls/dps)

 

TAGS :

Komentar