Mencoba Kelezatan Lawar Daun Belimbing di Desa Gulingan

Kelezatan lawar daun belimbing (Foto gde)

 

Redaksi9.com - Badung, Bali memiliki makanan tradisioanal disebut lawar. Lawar tidak hanya memakai daging babi dan sapi. Lawar dapat di padukan juga dengan daging ayam. Bukan hanya dagingnya saja, menu olahan lawarvdapat dipadukan dengan aneka jenis sayuran maupun buah masih muda dalam olahannya. Misal, buah nangka,pepaya, kelapa muda, kacang panjang hingga daun buah belimbing.

Lawar daun belimbing ini misalnya dapat dicicipi di salah satu gerai usaha kuliner konsep rumahan di banjar Darmasaba, deaa Gulingan, kecamatan Mengwi, kabupaten Badung.

"Ya, saya tawarkan menu khas tradisional Bali lawar dengan daging ayam ini.Saya pilih dauh buah belimbing sebagai bahan utama lawar agar terasa lebih nikmat dan pas saat di santap," kata Pembuat dan Pedangan Kuliner Lawar Berkonsep Rumahan, Putu Gede Warsana, Sabtu,(20/4/2024) saat ditemui langsung di Rumah sekaligus tempat usaha miliknya. 

Dirinya menyampaikan, Proses pembuatan dimulai merebus daun buah blimbing ke dalam air panas.

Kemudian setelah daun belimbing matang ditiriskan kemudian dicampur beberapa bumbu khas Bali salah satunya base( bumbu ) colok.

Base colok terdiri dari, bawang putih, kemiri, kencur, cabai, kelqpa dibakar, aneka rempah rempah ,dan daun salam.

"Base colok sebagai pembeda lawar daun belimbing ini karena, pembuatan lawar di bali umumnya menggunakan base genep setiap olahannya," bebernya.

Dirinya menyebutkan, Lawar daun buah belimbing ini disajikan berteman nasi putih, gorengan kulit ayam, ayam tutu, sate ayam serta semangkuk komoh( kaldu daging ayam)

Ia menambahkan, Harga lawar daun buah belimbing ini Rp  25 ribu rupiah per porsi lengkap.

Setiap hari kedai kuliner konsep usaha rumahan ini di buka mulai jam 10 pagi hingga 9 malam.

Kemudian salah satu pembeli, I Ketut Arka Gunawan menyampaikan, Selain jarang menyajikan Lawar daun buah belimbing untuk di jual. Lawar daun buah belimbing ini sangat berbeda dengan lawar pada umumnya karena, menggunakan daun belimbing tentunya.

"Ya, jarang memang yang jual Lawar ini (Daun buah belimbing) dan lawar ini memang memberi citarasa berbeda saat disantapnya," pungkasnya. (gde)
 

TAGS :

Komentar