Gubernur Koster Siap Fasilitasi Kerjasama Bali dan Misato

Pertemuan Gubernur Koster dengan Wali Kota Misato Jepang

Redaksi9.com - Selama ini telah terjalin kerjasama dengan baik antara masyarakat Desa Mas dengan warga Misato Jepang. Hal ini terbukti dari dikirimnya para generasi muda Desa Mas untuk belajar dan bekerja ke Jepang. Demikian juga sebaliknya. Hal ini terungkap saat pertemuan Gubernur Bali Wayan Koster dan Walikota Misato, Jepang Takashi Kado di rumah dinas Jaya Sabha, Denpasar, Senin (10/2).

Walikota Takashi Kado mengungkapkan jika hubungan antara Indonesia dengan Jepang sangat dekat. Di Bali sendiri telah terjalin kerjasama Sister City antara Kota Misato dengan Desa Mas, Ubud, Gianyar.

"Di kota Misato akan dikembangkan pariwisata dan akan membuat hotel, semoga dari Bali bisa mengirim tenaga kerja ke Misato," ujar Takashi Kado.

Ia juga berharap ada pertukaran dan pendidikan dan seni budaya antara Bali dengan Misato.

"Penduduk Misato sangat sedikit, saya harap desa Mas atau warga Bali bisa tinggal atau belajar di sana. Tahun ini ada dua orang yang belajar pertanian Misato," kata Takashi Kado.

Ke depan ia berharap, infrastruktur bisa dikembangkan di Misato.

"Dulu penduduk Misato banyak, sekarang berkurang karena keluar kota. Mereka bekerja keluar dan tidak balik lagi. Kalau bisa warga Bali bisa datang atau tinggal di Misato," katanya.

Takashi mengatakan, suaasana di kota Misato mendekati seperti Ubud.
Ia berharap, bisa menata Kota Misato seperti Ubud.

Ia melihat, Bali sangat menakjubkan. Ia sendiri sudah tiga kali datang ke Bali.

"Yang menarik dari Bali adalah kebudayaan, banyak pura, semua sangat menghormati. Saya melihat saja sudah sangat puas. Tarian dan musik dan seni sangat menyentuh bagi saya," kata Takashi.

Bahkan, kata Takashi, di Misato banyak pura, sangat terkenal namanya Pura Kagura. Ada kesamaan. Ia mengatakan, menemukan seperti kebudayaan Bali seperti kebudayaan Misato.

"Saya sekarang di kantor akan membuat ukiran Bali. Selama jadi walikota, Saya akan membuat sesuatu tentang Kebudayaan Bali.
Saya berharap ke depan antara Bali dan Misato menjadi sejarah. Orang-orang di Misato bisa mengenal Bali walaupun belum pernah datang ke Bali," ujar Walikota Misato dua kali periode ini.

Menanggapi hal ini, Gubernur Bali mengucapkan terimakasih atas kedatangan dan kunjungan Walikota Misato ke Bali.

Ia mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin selama ini khususnya kerjasama dengan Desa Mas. Gubernur Koster mendorong agar kerjasama bisa terus ditingkatkan dan Pemerintah Provinsi Bali siap mendukung serta menfasilitasinya.

Gubernur Koster mengatakan jika Bali dan Jepang memiliki kemiripan atau kesamaan dalam sisi kebudayaannya.

Menurut Koster, kerjasama yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Bali terutama untuk Desa Mas akan sangat didukung.

"Kami terus mendorong kerjasama yang baik ini. Pemprov Bali siap untuk terus menjalin kerjasama. Desa Mas memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Pertanian dan bidang budaya bisa terjalin kerjasama dengan baik," kata Gubernur Koster.

Gubernur menilai kebudayaan Bali dan Jepang memilii banyak kesamaan.

"Kami akan adakan Bali World Cullture Celebration pada November. Saya harap kota Misato bisa ikut berpartisipasi pada acara ini," ajak Gubernur Koster. (ira).

TAGS :

Komentar