Wakil Gubernur Bali Dorong Industri Jasa Keuangan Dukung UMKM

Pertemuan tahunan OJK Regional Bali-Nusra di ITDC Nusa Dua

Redaksi9.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) mengharapkan industri jasa keuangan bisa lebih mendukung pengembangan usaha rakyat, usaha mikro, kecil dan menengah. Demikian disampaikan dalam sambutan tertulis membuka pertemuan tahunan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Bali-Nusra di  ITDC Nusa Dua selasa (29/1) Siang. Pertemuan Tahunan tersebut, mengambil tema besar  'Kolaborasi Membangun Optimisme dan Akselerasi Menuju Pembangunan Berkelanjutan' dan dihadiri pimpinan jasa keuangan seluruh wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Menurut Wagub, akses-akses keuangan yang mudah kepada usaha rakyat, petani, nelayan dan UMKM akan memberikan perkembangan signifikan bagi ekonomi Bali. "Sehingga apa yang dicapai Bali saat ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang," Kata pria yang akrab disapa Cok Ace ini.

Wagub Cok Ace juga  mengapresiasi peran OJK  dengan inovasi dan pemikirannya bagi pembangunan ekonomi Bali, apalagi di tahun politik seperti saat ini. " Untuk itu, kita tingkatkan lagi sinergi yang sudah terjalin baik. Kami juga mengharap peran penting OJK untuk menghindarkan masyarakat dari investasi bodong dan kejahatan keuangan lain," Tutupnya.

Sementara itu, Kepala OJK Regional Bali-Nusra Elyanus Pongsida menyebut pertumbuhan ekonomi Bali tahun lalu secara umum sangat positif dengan angka 6,4 % atau diatas angka pertumbuhan ekonomi nasional. "Kami perkirakan tahun 2019 akan berada di angka 6-6,4% meskipun banyak faktor luar seperti pemilu," Jelas Elyanus. Ditambahkannya, nilai aset perbankan di Bali juga tumbuh menjadi 213, 13 Triliun atau meningkat 7,6 % dari tahun sebelumnya.

OJK juga menurut Elysianus, memantau perkembangan Asuransi Usaha Tani/Ternak serta Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang berkembang baik di Provinsi Bali sebagai salah satu pendorong program ketahanan pangan nasional.

Nampak pula dalam pertemuan tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK RI Heru Kristiyana, Deputi Komisioner OJK Slamet Edy Purnomo, Anggota Komisi 11 DPR RI Rai Wirajaya dan Tutik Kusumawardani, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali Causa Iman Kirana serta jajaran BPK, Ombudsman dan OPD Provinsi Bali.(ira)

 

TAGS :

Komentar