Vihara Satya Dharma Denpasar Mementum Rayakan Imlek 2019

Suasana Vihara Satya Dharma Benoa, Kota Denpasar pada perayaan Imlek 2019.

Redaksi9.com - Vihara Satya Dharma di kawasan Benoa, Kota Denpasar pada perayaan Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili banyak dikunjungi umat Kong Hu Cu melakukan sembahyang untuk berdoa menapaki tahun baru bertujuan mendapatkan berkah, rezeki dan kebahagiaan.

Mulai pagi hari (Selasa) umat Kong Hu Cu sudah berdatangan ke vihara yang penuh nuansa khas Tiongkok. Karena bangunannya menggunakan ornamen arsitektur negeri Tionghoa tersebut.

Bahkan, tidak ketinggalan di vihara yang berdiri sejak tahun 2006 di atas lahan 8.200 meter persegi ini memberi nuansa seperti tempat pemujaan di negeri tirai bambu tersebut. Karena ornamen bangunan viara itu kental dengan ciri khas Tiongkok yang dibalut dominan warna merah, dihiasi lampu lampion dan patung naga.

Sedangkan di sisi selatan dari bangunan utama vihara tersebut berdiri sebuah patung Dewi Kuan Im yang tingginya mencapai 15 meter. Untuk menuju patung Dewi Kwan Im tersebut ada juga sejumlah patung yang berukuran lebih kecil sebagai lambang sio.

Pada perayaan tahun Baru Imlek ini, para umat yang berdatangan setiba di bangunan utama vihara akan mengambil sarana sembahyang berupa dupa berwarna merah, serta lembaran kertas berlambang uang mas. Selanjutnya umat menyalakan dupa untuk digunakan sembahyang kepada Tuhan yang disimbolkan dengan arca disucikan tersebut.

Setelah umat melakukan sembahyang dengan sarana dupa di bangunan viara itu, kemudian sebagai rangkaian terakhir menuju tempat bangunan yang menyerupai pagoda. Disana umat melakukan pembakaran kertas bertuliskan huruf China yang disimbolkan sebagai uang mas tersebut.

Pada perayaan Tahun Baru Imlek di Vihara Satya Dharma tersebut juga dikunjungi sejumlah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk menyaksikan tradisi atau perayaan dan sekaligus mengabadikan momentum dengan mengambil foto dan video. (kis)
    

TAGS :

Komentar