Putri Koster Hadiri Panen Raya Sekha Manyi Rai Putri di Tabanan, Sekaligus Beri Semangat

Putri Koster ikut memanen padi

Redaksi9.com - Kelompok Wanita Tani (KWT) Subak Aseman, di Banjar Bongan, Desa Tegal Mengkeb  Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan terlihat sangat bersemangat. Mereka berbaris berjejer menyambut kedatangan Ny. Putri Suastini Koster saat perdana panen raya, Selasa (9/6).

Salah satu anggota KWT mengatakan, sangat bersyukur, kegiatan panen raya pertamakalinya dari Subak Aseman ini dihadiri Ny. Putri Koster.

Putri Koster menuturkan sangat antusias melihat semangat para KWT. Ia mengatakan, teringat kembali ke masa kecil, karena ia suka berada di perdesaan. Ia menilai, semangat dan etos kerja perempuan Bali sangat luar biasa. Kehadirannya di panen raya tersebut, tujuannya untuk memberi semangat.

"Jangan sampai semangat mati karena Covid. Covid ini membuat kita sadar. Yuk, mulai dari subak Aseman, kita bergeliat lagi, pertahankan pertanian, tanam sendiri, urus sendiri, dan panen sendiri. Kita bangga, mandiri dan berdikari seperti pesan Bung Karno," ujarnya.

Namun, ia menegaskan, KWT jangan hanya menanam cabai dan terong saja. Sekarang saatnya Era Baru, era yang membuat kita kembali ke pola lama yang sudah kita tinggalkan. Ayo bangkitkan pertanian lagi," katanya.


Ia mengajak para anggota KWT untuk menyingsingkan lengan baju mewujudkan visi Gubernur Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Tabanan, Komang Sanjaya mengatakan, dalam rangka bulan Bung Karno, sekaligus saat pandemi Covid19, para kader diminta untuk melakukan gebrakan di bidang ketahanan pangan.

"Sekha Manyi Rai Putri siap kami luncurkan hari ini, sebagai motivasi kepada para KWT agar tidak meninggalkan pertanian. Kami siap untuk melakukan ketahanan pangan," ujarnya.

Ia mengatakan, kehadiran istri Gubernur Bali ini diharapkan dapat membangkitkan semangat para KWT di Tabanan.

Ia juga berharap, kegiatan ini dapat memberi inspirasi kepada KWT lain di kabupaten yang juga penghasil beras seperti Negara, Klungkung, dan Buleleng.

Ia juga menyampaikan, selama ini keluhan petani adalah soal air. Sementara di Selemadeg Timur merupakan subak terbesar. Ia berharap, semoga ke depan, Gubernur Bali Wayan Koster membantu membuatkan bendungan untuk mengaliri subak-subak yang ada di Selemadeg.

Putri Koster pun menegaskan, siap menjadi pembina Sekha Manyi Rai Putri. Pernyataannya tersebut lantas disambut tepuk tangan anggota KWT. (ira).


TAGS :

Komentar