Jombo, Siapa Takut?

Menikmati waktu lebih banyak untuk diri sendiri

Redaksi9.com - Menjadi seseorang yang memiliki pasangan dengan hubungan yang saling mendukung dan belajar untuk berkembang lebih dewasa, merupakan manfaat yang bisa dirasakan jika sudah memiliki pasangan yang tepat, atau yang sering disebut relationship goals oleh kalangan muda dan dewasa seperti sekarang.
Namun jika kamu single atau jomblo, yang sering disebut oleh teman-temanmu, adakah manfaatnya buat kita?

Sebagian besar orang melihat teman atau seseorang yang jomblo mungkin akan berpikir bahwa dia merasa kesepian atau bahkan merasa kehidupannya kurang lengkap.

Padahal, hal tersebut belum tentu benar apalagi jika kita belum tahu seutuhnya tentang dia. Mungkin saja ada tujuan besar yang ingin dia capai sehingga belum merasa ada waktu untuk mencari pasangan dan memulai sebuah hubungan atau dia merasa nyaman dengan statusnya saat ini. Toh, kebahagiaan tidak hanya datang dari seseorang tapi juga dari diri sendiri kan?

Single Goals, menjadi single atau jomblo juga tidak hanya tentang tidak ada yang menyukaimu atau kamu "tidak laku", karena kata "tidak laku" sendiri kurang pas untuk seseorang manusia yang memiliki kepribadian dan tujuan yang berbeda-beda.

Kita bukanlah barang atau produk yang dijual dipasaran kan? yang hanya punya pilihan “laku terjual” atau “tidak laku”. Setiap orang memiliki pilihannya sendiri termasuk kamu yang entah sedang dalam menjalani hubungan atau single, yang masih fokus mengejar mimpi sebagai tujuan pertama.

Manfaat yang bisa didapat meski dalam status single juga sama berharganya kok dibanding jika dalam menjalani hubungan dengan pasangan, selain karena dan bisa fokus untuk mencapai tujuan atau mimpi yang dimiliki, juga karena masih nyaman menjalani segala hal yang kamu sukai sendiri atau hal asik yang masih kamu suka lakukan dengan temanmu.

Daripada memulai hubungan dengan seseorang yang belum tentu akan nyaman untuk diajak bersama, lebih baik memberi rasa nyaman dulu pada diri sendiri sebelum menerima kenyamanan bersama orang lain. Ini juga terdengar lebih bagus bukan untuk persiapan hubungan yang baik nantinya.

Selain itu, ketika kamu melakukan sesuatu yang kamu inginkan, tidak perlu membicarakan atau meminta persetujuan dengan pasangan, hal ini pastinya tidak akan menyakiti siapapun.

Contoh sederhananya ketika kamu dan pasanganmu menonton film kesukaannya beberapa kali. Tapi mungkin terkadang kamu rindu dan ingin menonton genre film yang hanya kamu sukai. Nah, dalam status single, kamu bisa lebih bebas untuk dirimu sendiri karena apa yang kamu pilih dan inginkan hanya berakibat pada dirimu sendiri.

Masih banyak sebenarnya keuntungan yang kita dapatkan saat single atau saat menjadikan single sebuah alasan. Bagaimana dengan kamu? yang mungkin punya cerita tersendiri tentang menjadi single atau jomblo. Jombo, siapa takut?

Penulis :
Ade Suryadi Jagadwijayaputra (Relawan Kisara PKBI Daerah Bali)
Mahasiswa ITB Stikom Bali

TAGS :

Komentar