Bupati Eka Ajak Masyarakat Tabanan Tingkatkan Ketahanan Pangan  

Bupato Eka Wiryastuti

Redaksi9.com – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengajak seluruh masyarakat Tabanan agar meningkatkan ketahanan pangan dalam menyambut Adaptasi Kebiasaan Baru di Tabanan.

Hal itu disampaikan Bupati Eka dalam acara Temu Wirasa Virtual yang diselenggarakan Pemkab Tabanan melalui Bapelitbang Tabanan, dengan tema “Tabanan Aman dan Produktif”.

Temu Wirasa tersebut diselenggarakan melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di Youtube (link : https://youtu.be/qhyhFvrfOg8), Sabtu, (25/7).

“Harapan Saya masyarakat Tabanan menjadi masyarakat yang produktif, bisa berlanjut melakukan aktivitasnya apalagi Tabanan lumbung pangannya Bali. Kalau Tabanan berhenti memasok pangan, berhenti melakukan pertanian, apa kata Dunia terhadap Bali,” kata Bupati Eka.

Temu Wirasa tersebut menghadirkan 2 orang narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing, yaitu Ida Shri Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pemayun dan Prof.Dr.Drs. I Nyoman Suarka, M.Hum, dan diikuti oleh Anggota DPRD Provinsi Bali I Ketut Suryadi, Ketua DPRD Tabanan, Forkopimda Tabanan, seluruh OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, serta masyarakat Umum.

Lebih lanjut Bupati Eka mengatakan wabah bisa terjadi kapan saja dan sudah ada sejak dulu, baik pada saat kerajaan begitupun dengan sekarang. Untuk itu, selain meningkatkan ketahanan pangan, Bupati Eka juga mengajak seluruh masyarakat Tabanan agar selalu meningkatkan imun tubuh dan mental diri dalam menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru ini.

“Oleh karena itu, Saya patut berbangga terhadap Tabanan dan masyarakatnya karena selama pandemic Covid-19 ini, kita tidak begitu banyak menggunakan dana bencana atau dana tak terduga. Terhitung baru 5 miliar yang kita pakai, sisanya kebanyakan menggunakan CSR, gotong-royong semua elemen, stake holder, yayasan dan lainnya. Dari kita dan untuk kita,” ucap Bupati Eka.

Pada kesempatan tersebut Bupati Eka juga mengucap syukur dan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat Tabanan. “Saya sangat bangga dan mengucapkan syukur dan terimakasih kepada seluruh masyarakat. Mari kita terus bergandengan tangan, saling menjaga, berkomunikasi dan berkoordinasi,” katanya.

Melalui kegiatan ini Bupati Eka juga berharap bisa membuat Tabanan ini menjadi Tabanan yang dicita-citakan, yakni, Tabanan yang selalu lestari lingkungannya, Tabanan yang selalu memikirkan kesejahteraan rakyatnya.

"Ingat, kita harus selalu berdoa dan yakin bahwa Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik kepada kita semua apabila kita di masa pandemic ini berbuat baik, saling tolong-menolong serta melihat mereka yang tidak mampu untuk kita bantu,” tambah Bupati Eka.

Sementara, Ida Shri Bhagawan Putra Nata Nawa Wangsa Pemayun, mengatakan, pandemic ini hendaknya dihadapi dengan perasaan bahagia dan penuh ketenangan, sehingga mengurangi pemikiran yang cemas. Ia juga mengajak masyarakat agar selalu saling mengingatkan, saling peduli dan jangan acuh tak acuh terhadap lingkungan serta selalu waspada.

Ia menjelaskan, perasaan bahagia dan sikap tenang tersebut bisa didapat melalui hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari, misal melalui pekerjaan, hobi dan lain-lain. Yang tentunya harus tetap memperhatikan protocol kesehatan yang telah ditetapkan. (ira).



TAGS :

Komentar