Adaptasi Tatanan Era Baru di Bidang Cukur Rambut

Redaksi9.com - Wabah pandemi Covid-19, harus memunculkan kreativitas. Apalagi usaha di bidang jasa Salah satunya barber shop atau jasa usaha tukang cukur rambut. Hal itu disampaikan motivator 4.0 Budiman Sudjatmiko, dalam webinar yang diikuti 300 pelaku usaha barber shop dan ahli cukur rambut seluruh Indonesia, Minggu (26/7).

Budiman menilai, barber atau tukang cukur adalah orang yang penting karena kita memberikan mereka dekat dengan urat nadi kita saat mencukur rambut. Artinya, ada kepercayaan antara tukang cukur dan konsumennya.

"Tak mudah membangun kepercayaan antara konsumen dengan tukang cukur rambut. Jangan salah, presiden saja punya tukang cukur rambut khusus. Ini juga bicara masalah selera," ucap mantan anggota DPR RI ini.


Ia menegaskan, bicara soal pandemi, semua usaha harus bisa beradaptasi, tak terkecuali tukang cukur rambut.

"Bagaimana para tukang cukur rambut ini juga harus kreatif dan inovatif dan mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam new normal ini," pesan Budiman.

Sementara, Yopi Perdana Kusuma dari aplikasi D'kapster mengatakan, untuk memberikan solusi masyarakat saat diharuskan berdiam di rumah saja, D'kapster satu aplikasi mobile plaform menjawab tantangan tersebut.

"Aplikasi ini menjembati antara tukang cukir dan konsumen. Aplikasi ini membantu konsumen agar terlayani termasuk juga menyalurkan barber yang ada," kata Yopi.

Sampai saat ini sudah ada 500 patner dari D'kapter dengan konsumen hampir mencapai 2500 pelanggan.

"Saat booking diaplikasi konsumen tidak perlu antri. Ada SOP yang diterapkan di D'kapster. Saat mendatangi konsumen, tetap menjaga protokol kesehatan, mulai dari menggunakan hand sanitizer, memakai masker dll" kata Yopi.

Ia juga meminta para tukang cukur harus memperhatikan personal branding. Mulai dari penampilan harus dijaga, pakaian rapi dan wangi.

"Saya optimis ke depan usaha tukang cukur inu menjanjikan. Saat ini adalah era teknologi dan kolaborasi," kata Yopi.

Hal menarik lainnya yang ditampilkan dalam webinar tersebut adalah demo hair cutting dari dua ahli rambut dari Bali dan Malang.

Demo dari Bali diperagakan Founder Sasi Beauty Studio, Harul yang menampilkan teknik potongan bob.

Ia mengatakan, teknik ini pengerjaannya terbilang cepat hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit.

"Potongan bob ini juga cocok untuk gaya perempuan di era tatanan baru ini karena simpel dan fleksibel. Model ini cocok untuk semua usia dan cocok juga untuk remaja putri, wanita karier, bahkan ibu rumahtangga. Wajah pun kelihatan lebih modis, sportif, dan lebih fresh," kata Harul. (ira).




TAGS :

Komentar