Putri Koster: Jangan Gengsi Jadi Petani

Peresmian Sekeha Manyi di Museum Subak Masceti Gianyar

Redaksi9.com - PKK selalu turun ke bawah dan  menyerap aspirasi masyarakat. Bukan PKK namanya, jika tdak bergerak, apalagi untuk peningkatan kesejahteraan keluarga. Hal itu disampaikan, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster, saat meresmikan Sekeha Manyi, Rumah Contoh Hatinya PKK, dan Rumah Kreatif Dekranasda Gianyar di Museum Subak Masceti, Jumat (21/8).


Sebelum Covid, ia rutin melakukan kunjungan ke kabupaten/kota, untuk menyosialisasikan program,namun, kini lebih banyak dilakukan dengan web seminar. Ia menilai, webinar sangat efektif dilakukan dalam kondisi pandemic. 


“Melihat Gianyar yang sangat kreatif dan penuh inovasi, saya minta  PKK Gianyar dapat menjadi contoh bagi kabupaten lain. Hal ini bisa disosialisasikan lewat webinar,” kata Putri Koster. 


Ia mengatakan, sebelum Covid, PKK Provinsi Bali telah memberikan bantuan ke PKK Kabupaten kota masing-masing Rp 500 juta. Untuk menambah semangat berkegiatan, rencananya anggaran akan ditingkatkan menjadi Rp 1 Miliar.  Ia menilai, justru kegiatan PKK sesungguhnya dilakukan di kabupaten kota. Ia berharap, dengan peningkatan anggaran ini akan membuat mereka semakin kreatif dan inovatif.  Selain itu,  lanjutnya, PKK juga sudah melakukan Gebrak Masker, pada saat Hari Kemerdekaan.  PKK provinsi Bali juga sudah mendistribusikan masker ke kabupaten kota 


“Hari ini saya juga membawa 1000 masker, nanti bisa  dibagikan kepada warga yang belum memiliki masker,” imbuhnya.   Ia berharap, ke depan, Bali menuju gerakan masker mandiri. Artinya, perlu masker bisa mengusahakan sendiri.  Menurutnya, masyarakat tak harus selalu  diberi ikan,  mereka perlu diberi kail agar menjadi  lebih kreatif dan inovasi. 


Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Mahayastra mengatakan, selama ini PKK telah aktif berkegiatan dan bergerak, tidak hanya dalam bentuk contoh saja, namun, sudah ditularkan kepada seluruh masyarakat Gianyar.  Peresmian Rumah contoh Hatinya PKK dan Rumah Kreatif ini hanya sebagai simbolis, karena museum subak Masceti juga sebagai tempat edukasi,  sekaligus sebagai destinasi wisata bagi turis karena lokasinya dekat dengan Pantai Masceti Gianyar. 


 Dalam kegiatan yang turut dihadiri Bupati Gianyar Agus Mayastra dan OPD di  Kabupaten Gianyar ini, Putri Koster ikut memanen padi bersama kelompok sekeha manyi.  Ia juga berpesan, agar warga Gianyar tidak gengsi menjadi petani, dan mengajak, jadilah petani yang baik. 
Usai ikut memanen padi, Putri Koster juga meninjau Museum Subak dan berdialog dengan para pelaku UMKM di Rumah Kreatif.  ( ira) 
 

TAGS :

Komentar