Hari Ini, Sensus Penduduk Tahap Kedua Dimulai

Gubernur Bali Wayan Koster memberikan pin kepada petugas sensus,, sebagai tanda dimulainya kick off sensus penduduk 2020

Redaksi9.com - Gubernur Bali, Wayan Koster mengapresiasi hasil sensus penduduk Bali, yang telah sukses mencapai 35,59 persen. Angka ini justru melampaui angka nasional yang berkisar 17,35 persen. Hal itu diungkapkan, saat Kick Off Sensus Penduduk 2020, Selasa, (1/9) di Gedung Gajah, Jaya Sabha Denpasar.

Menurutnya, semua kesuksesan tersebut berkat kerja yang baik semua lapisan, mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, instansi, TNI/POLRI,  swasta, dan media.

Ia mengatakan, sensus penduduk diperlukan bukan hanya untuk kepentingan nasional tapi juga daerah. Pemerintah membutuhkan data yang valid untuk menyusun program-program dalam pembangunan.

Gubernur menilai, sensus penduduk tahap kedua yang dimulai hari ini, 1 September sampai dengan 30 September 2020 ini, akan sangat bebeda. Di tengah situasi pandemic Covid-19, ia berharap, petugas sensus tetap mengutamakan protocol kesehatan agar semua dapat berjalan optimal.

“Saya berharap dukungan penuh kepada semua komponen, agar koordinasi dilakukan secara massif mengawal sensus penduduk tahap kedua ini. Agar tidak ada penduduk yang tidak tercatat atau tertinggal. Ia mengajak, kepada seluruh masyarakat agar menerima petugas sensus penduduk dengan baik dan  memberi jawaban yang benar,” kata Gubernur Koster.

Sementara, menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Adi Nugroho, ada hal yang baru dalam sensus penduduk 2020 yakni tahap pertama dilakukan secara online.  

Ia mengatakan, sensus penduduk online ini memberikan edukasi kepada masyarakat akan kepedulian terhadap data. Di samping itu, ke depan masyarakat akan sangat berpengaruh kepada akses digital.

“Dengan capaian Bali 35,59 persen, ini merupakan angka  istimewa. Capaian ini juga berkat kerja sama dan koordinasi yang baik antara ASN dengan pemerintah provinsi, kabupaten/kota, TNI dan kepolisian, media massa, dan masyarakat luas, mengatasi  berbagai kendala sehingga capaian yang membanggakan.  Seandainya, saja, tidak merebaknya covid-19, tentu capaiannya lebih tinggi,” kata Adi Nugroho.  

Ia mengatakan, sensus penduduk ini  belum dikatakan sukses, karena masih memastikan seluruh penduduk tercatat, dan  tidak satupun tertinggal. Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat Bali, agar menerima petugas sensus dnegan baik. “Ada sekitar 2946 petugas sensus untuk seluruh Bali,” kata Adi. (ira)

 

 

TAGS :

Komentar