Mengenal Insecure Pada Remaja

Berhentilah melihat kekuranganmu, sebaliknya galilah potensi dirimu


" Kamu gendut" 
" Kamu bodoh!" 
" Kamu ga pantas pakai baju itu!" 
" Dasar pendek" 
" Kok jerawatan sih?" 
" Pakai skincare dong ,biar cakep" 


  Kalian pasti sering mendengar pernyataan  tersebut entah dari teman ,sahabat,bahkan orang tua kalian. Tapi,kalian tahu ga kalau kata kata tersebut termasuk bullying yang menyebabkan orang insecure loh guys! 

Insecure adalah situasi kondisi di mana mental kita mulai goyah seperti tidak percaya diri,sering menyendiri ,merasa tidak berguna,bahkan gelisah ,dan malu.  Insecure sendiri datang bisa karena beberapa faktor loh teman teman seperti,trauma ,dan memiliki masalah pada bentuk tubuh atau penampilan,dan kepercayaan diri yang rendah,atau suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain ,dan suka berekspektasi terlalu berlebihan.  Seperti contoh nih " Aduh! Aku kok gendut banget sih?"  


Berdasarkan faktanya beberapa artis juga pernah insecure loh! Siapa yang tidak kenal Selena Gomez? artis cantik,muda,kaya,terkenal. Siapa sangka ternyata Selena Gomez pernah insecure loh. Dia merasa insecure karena bentuk telinganya yang terlalu lebar dan dia selalu merubah tatanan  rambutnya agar telinganya tertutupi. Tapi sekarang dia sudah menerima dirinya dan belajar tidak merasa insecure lagi. 


 Sebenarnya jika kita berpikir lebih luas,insecure tidak hanya memberikan kita keburukan seperti malu,tidak percaya diri,atau bahkan sampai depresi tidak mau keluar karena takut takut terkena bullying  atau diberi komentar yang tidak sedap oleh masyarakat. Tapi,insecure sendiri bisa kita jadikan patokan untuk memotivasi diri sendiri agar bisa seperti itu. Seperti " Wah, dia dapat peringkat satu di kelasnya , sepertinya aku harus rajin belajar supaya bisa ada di posisi dia " bukan malahan kalian mengucapkan " Aku bodoh banget tidak bisa seperti dia , aku insecure banget" dan akhirnya semangat kalian lenyap begitu saja. 

Nah, Kisara bakalan bagikan sedikit tips nih buat sahabat kisara yang sering banget insecure sama diri sendiri. 


       1. Nah tips yang pertama " be yourself " Jadilah dirimu sendiri,jangan mendengarkan kata kata orang lain. Kadang orang lain suka memberikan komentar negatif atau komentar pedas kepada kita. Tapi,kita hanya cukup mendengarkan dan  disaring lagi lalu pilahlah yang mana memang harus kamu dengarkan. 


        2. Coba jadi versi terbaik diri kamu.  " Di dunia ini tidak ada yang sempurna " ingat kalimat  itu teman teman! Jadilah versi terbaik dirimu sendiri ,dan terus cari potensi yang ada dalam dirimu sendiri. 


     3. Berusahalah untuk selalu berpikir positif . " Aduh, aku itu bodoh pasti gak bisa deh melakukan seperti apa yang dia lakukan". Kalian tidak boleh berpikir seperti itu. Mulailah berpikiran positif yang bisa membuat kalian merasa lebih percaya diri seperti " Jika aku mau belajar lebih giat ,mungkin aku akan bisa seperti dirinya". Nah seperti itu guys! 


Insecure adalah situasi di mana mental merasa goyah seperti galau,kurang percaya diri,suka membanding bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tapi,jika kita berpikir lebih luas insecure bisa kita jadikan patokan untuk memotivasi diri me jadi lebih baik loh. Jadi,Itu beberapa tips yang bisa Kisara berikan kepada kalian yang suka banget insecure. 


" Mulai sekarang berhentilah melihat kekuranganmu, sebaliknya galilah potensi dirimu " 


Putu Yuliantari (Relawan Kisara PKBI Daerah Bali) 
Siswa SMAN 8 Denpasar 
     

 

TAGS :

Komentar