OPSI Gelar Diskusi Media, Menekan Stigma dan Diskriminasi

diskusi media yang digelar OPSI bersama local point di Warung Mina Denpasar

Redaks9.com - Progam penanggulangan HIV di Indonesia yang dilakukan Instansi Kesehatan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM ) selama ini sudah banyak dilakukan dengan  melibatkan komunitas Populasi Kunci. Namun,  pemberitaan media  Online maupun media cetak dianggap masih kerap menyudutkan komunitas adalah  sumber utama dalam issue penyebaran virus HIV. 


“Dalam hal ini komunitas kerap sekali mengalami stigma dan diskriminasi yang dilakukan masyarakat melalui pemberitaan di media online  maupun cetak . Bentuk stigma dan diskriminasi terhadap komunitas banyak didapat dari pemberitahuan yang selama ini menerbitkan komunitas hanya melihat sudut yang negative dan penyebaran virus HIV seringkali digemborkan disebabkan oleh komunitas populasi kunci,” ujar CSS Oficer OPSI, Nur Faridah. 


Ia mengatakan, peranan media menjadi sangat penting bagi komunitas dalam menekan dampak stigma dan diskriminasi yang selalu diterima oleh komunitas populasi kunci .


Hal ini yang mendasari, kegiatan “ Establishment the networking with media at local level “OPSI bekerja sama dengan Indonesia Aids Coalision (IAC) mengadakan pertemuan diskusi Bersama Media Minggu (13/9).


“Kegiatan ini guna membahas dampak stigma dan diskriminasi pemberitaan terhadap komunitas populasi kunci,” kata Nur. 
Ia mengatakan, kegiatan ini melibatkan media - media local. Ia berharap, dengan pertemuan ini diharapkan terjalin kerja sama yang kuat antara media dengan Komunitas dalam menanggani permasalahan stigama dan diskriminasi pemberitaan terhadap Komunitas .


Selain itu, lanjut dia,  kegiatan ini bertujuan untuk membangun jejaring antara populasi kunci maupun Lembaga komunitas populasi kunci dengan berbagai media cetak maupun elektronik baik dalam rangka pengurangan stigma dan diskriminasi pada media terhadap populasi kunci atau mengumpulkan dukungan dalam penanggulangan HIV-AIDS.


Organisasi Perubahan Sosial Indonesian ( OPSI ) adalah jaringan penanggulangan HIV dan Hak Asasi Manusia ( HAM ) bagi perempuan pekerja seks ,laki – laki pekerja seks, dan Transgender pekerja seks di Indonesia.  (ira)  


 

TAGS :

Komentar