Jelajahi Eksotik Nusa Penida

Keindahan angel's billabong

Redaksi9.com - Hari ini, saya berkesempatan mengikuti program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui program We Love Bali, Implementasi protokol CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, Environment Sustainability), Program 10, Sanur - Nusa Penida - Nusa Lembongan - Sanur, 3 hari 2 malam, 7 - 9 Oktober 2020.

Acara ini bertujuan mempromosikan kembali destinasi wisata unggulan Pulau Bali di tengah pandemi Covid-19, dengan penerapan CHSE yang ketat.


Ada 44 peserta yang ikut program 10 ini, mereka terdiri dari siswa, SMA, mahasiswa, pegawai travel, pegawai objek wisata dan ibu RT, dari beberapa kabupaten di Bali.

Pukul 7.00, para peserta sudah berkumpul di areal parkir Matahari Terbit Sanur untuk melakukan proses registrasi. Saat registrasi ulang, peserta menyerahkan hasil rapid test sehari sebelum keberangkatan, pengukuran suhu tubuh, dan pembagian goodibag dan briefing singkat untuk peserta yang lolos seleksi berdasarkan CHSE.

Pukul 8.00 peserta check in di fast boat counter dan tepat pukul 8.30 kapal berangkat dari Pantai Sanur menuju Nusa Penida. Perjalanan dari Sanur menuju Dermaga Banjar Nyuh Nusa Penida memakan waktu 35 menit. Setiba di Nusa Penida, peserta diarahkan untuk untuk cuci tangan dan pengisian air untuk tumbler masing-masing dan pembagian kendaraan. Satu mobil terdiri dari 4 peserta dan 1 sopir.


Program destinasi wisata di kawasan Nusa Penida ini dipandu pramuwisata dari PT Buana Suci Cemerlang, IGM Ratnaka. "Kami selama tiga hari akan mendampingi berwisata para peserta program "We Love Bali" untuk mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Nusa Penida. Program yang dibuat Kemenparekraf bertujuan membangkitkan dan menyakinkan objek-objek wisata telah memenuhi persyaratan dan sesuai standar CHSE," ujar Ratnaka.

Perjalanan Hari Pertama, dimulai menuju pantai Kelingking yang memakan waktu 45 menit dari Dermaga Banjar Nyuh. Kelingking beach Nusa Penida adalah destinasi yang menyajikan keelokan alam yang indah memiliki spot yang cukup terkenal untuk diving karena menyajikan pemandangan bawah laiuy yang sangat indah. Spot ini dinamakan sebagai manta Point.

Setelah peserta puas untuk menikmati keindahan Kelingking Beach perjalanan dilanjutkan menuju Broken Beach dan Angel Billabong.

Broken Beach atau yang disebut dengan Pasih Uug atau pasir yang rusak adalah sebuah kiasan untuk menunjukkan pantai yang terkurung di dasar sebuah tebing yang membentuk sebuah lingkaran kemudian terdapat sebuah rongga besar di salah satu tebingnya yang menghubungkan dengan lautan lepas di bagian lainnya. Usai puas meniimati keindahan Broken Beach, peserta melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Angel's Billabong.
Dilihat dari arta katanya, Angel adalah malaikat dan billabong sebuah ujung dari sungai yang buntu hingga dapat diatiikan ujung sebuah sungai dengan keindahan bidadari. Muara akhir sebuah sungai sebelum air sungai tersebut sampai ke lautan lepas. Fenomena alam ini menampilkan cerukan kolam alami yang sangat indah.


Pukul 13.00, peserta diajak makan siang di restoran lokal. Sampai di sana, protokol kesehatan sangat diterapkan kepada peserta. Mulai dari mencuci tangan dan menjaga jarak duduk peserta  juga diatur. Makanan juga langsung disajikan ke kehadapan peserta.

Perjalanan wisata dtutup dengan kunjungan ke Crystal Bay. Pantai ini tidak hanya memiliki air laut yang biru tenang airnya sangat bening dan bersih sehingga apa yang ada di dalam terlihat dengan jelas sehingga pengunjung dapat melihat ikan-ikan berenang atau bersembunyi di bunga karang.
Setelah puas menikmati spot yang indah di Crystal Bay peserta menuju hotel.


Peserta dibagi dalam 4 hotel berbintang tiga. Saat masuk hotel, protokol yang diterapkan mulai dari peserta diwajibkan mencuci tangan kemudian menggunakan hand sanitizer dan diukur suhu tubuhnya. Setelah itu dipersilakan untuk masuk ke dalam kamar yang sudah disiapkan. Satu orang menempati 1 kamar hotel.


Setelah beristirahat selama 2 jam peserta kemudian diajak menikmati makan malam dengan hiburan musik.

Demikian perjalanan trip hari pertama. Capek tapi berkesan banget akan keindahan alam Nusa Penida. Selanjutnya, esok hari, peserta We Love Bali akan melakukan perjalanan wisata ke Nusa Lembongan. Sampai jumpa di Nusa Lembongan (Wirati Astiti).

TAGS :

Komentar