Sandiaga Uno: Ciptakan Vaksin Sendiri, Jadilah Orang Kreatif 

Sandiaga Uno

Redaksi9.com - Ada hal menarik yang disampaikan, pelaku bisnis Indonesia, Sandiaga Uno, dalam Bincang Maya, Tourism Industry Post Covid-19 Survival and Revival Strategy, yang digelar Bank Indonesia, Jumat ( 16/10). 

“Saat pandemi seperti sekarang, mengandeng komunitas adalah salah satu cara  untuk tetap bisa bertahan dalam perputaran bisnis,” ujar Sandiaga Uno. 


Ada satu strategi yang ia bagikan, yakni open PO atau bayar di depan. Dengan menggendeng komunitas, menurutnya, strategi ini sangat bagus untuk dijalankan.


“Adaptasi baru ini, sudah banyak dijalankan pelaku kuliner. Pelaku industry lainnya pun, bisa menerapkan strategi adaptasi baru ini,” kata Sandiaga Uno. 


Ia bersama beberapa lembaga telah melakukan riset, bahwa, dengan menggandeng komunitas dan menerapkan adaptasi baru ini,justru dapat membangkitkan perekonomian. 


Di zaman teknologi ini, pemanfaatan digital juga dapat menjadi satu ajang promosi juga bisa dilakukan pelaku bisnis. Perkembangan youtube yang sangat cepat, dapat dijadikan promosi bagi pariwisata lokal. 


Menurutnya, kita tidak bisa menunggu vaksin, justru kita sendiri yang harus menciptakan vaksin itu sendiri. “Kita tidak boleh menunggu vaksin. Ciptakan vaksin sendiri yakni Kreatif. Dengan ini kita akan mampu  mengembangkan geliat ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya.  

Pandemi ini telah berdampak besar terhadap lesunya ekonomi. Daya beli masyarakat yang rendah. Untuk itu, ia menilai, pemulihan ekonomi lebih difokuskan kepada ekonomi keluarga dan pembangkitan ekonomi di kelas menengah. (ira) 

TAGS :

Komentar