Putri Koster Ajak Pelaku UMKM Manfaatkan Platform Digital

Dari kiri: moderator, Ida Ayu Tri Rasmiwinari,. Ny. Putri Koster, dan Ni Wayan Sri Ariyani

Redaksi9.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster mengajak pelaku UMKM di Bali, tetap semangat dan optimis dalam masa pandemi Covid-19 ini. Ia juga meminta, pelaku UMKM segera bergeliat memanfaatkan platform digital. Hal itu ia sampaikan, dalam Talkshow dengan tema “Solusi UMKM Milenial di Era Digital”,  Sabtu (17/10)  di Side Walk Jimbaran. 

"Dengan menggandeng BPD Bali dan Bali Mall Id, Dekranasda Bali ingin menjembatani UMKM agar siap dan mau memanfaatkan era digital ini.  Saat ini dengan teknologi semua sudah sangat dimudahkan. Hanya dengan ponsel bisa belanja. Bayar pakai QRIS,” kata Putri Koster. 

Ia mengatakan, Dekranasda Bali sudah dua kali melakukan pameran virtual dan hasilnya sangat memuaskan. Ke depan, akan dikembangkan lagi agar bisa menyasar semua UMKM. 


Ia menambahkan, Dekranasda mengayomi UMKM. Sementara, mal adalah tempat nongkrong orang tua dan anak muda, jadi sangat tepat jika UMKM produk Bali bisa juga ikut menghiasai mal-mal besar yang ada di Bali.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pemilih Side Walk Jimbaran yang sudah memberikan kesempatan UMKM binaan Dekranasda  Bali berpameran di sini,” katanya.

Menurutnya, saat ini perlu adanya regenerasi, atau tongkat estafet kepada generasi muda.  “Saya juga ingin memberi semangat para anak muda agar mampu menjadi tuan di rumah  sendiri. Mereka harus kreatif dan inovatif. Dengan menggelar talkshow di mal, termasuk pameran UMKM binaan Dekarnasda, dapat menjadi motivasi kepada mereka agar jangan mudah mengeluh tapi mari berpeluh,” imbuhnya. 


Sementara, menurut CEO Baliyoni Group,  Ni Wayan Sri  Ariyani, saat ini sudah ada market place khusus produk lokal Bali, Namanya Bali Mall Id. Kelebihannya, selain menawarkan produk unggulan khas Bali yang dibuat langsung pengrajin Bali. Dari segi harga juga stabil dan dapat dipertanggungjawabkan. Artinya, harga tidak akan dipermainkan sesuai keinginan penjual atau bisa disebut one price. 

Pihaknya juga siap untuk melakukan pendampingan bagi Dekranasda kabupaten/kota untuk masuk ke dalam market place Bali Mall.Id. Selain itu, ia juga menyampaikan dorongan terhadap UMKM untuk mampu bergerak secara online.

Sementara, Kepala BPD Bali Cabang Renon, Ida Ayu Tri Rasmiwinari mengatakan, BPD Bali sangat mendukung UMKM Bali.  BPD Bali telah mengembangkan pembayaran digital nontunai dengan nama QRIS. Selain itu, BPD Bali telah memberikan kemudahan kredit dengan bunga 0,5 persen menurun.

"Bahkan, ada kredit super mikro bagi yang ingin meminjam uang untuk modal sebesar Rp 10 juta. BPD Bali telah mendapatkan prestasi juara I untuk penyaluran KUR," katanya.   Saat ini, kata dia, konsumen nasabah BPD Bali terdiri dari  58 persen UMKM.

Acara talkshow juga diisi dengan pagelaran fashion show ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bali. (ira)

TAGS :

Komentar