Sarinah PDI Perjuangan Ajak Masyarakat Hidup Sehat dengan Donor Darah

Kegiatan donor darah di kantor PDI Perjuangan

Redaksi9.com - Sebanyak 250 orang mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan Sarinah PDI Perjuangan Kota Denpasar, Minggu (22/11). Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan Hari Puputan Margarana ini, diadakan di Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Renon, Denpasar. Acara donor darah diikuti masyarakat, termasuk  Taruna Merah Putih, relawan dan simpatisan PDI Perjuangan.

Menurut Ketua Pelaksana, Ni Wayan Sari Galung, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial masyarakat Bali dalam membantu sesama. Selain itu, juga untuk mendorong gaya hidup sehat masyarakat, dan juga membantu meningkatkan ketersedian darah di PMI Bali.

Acara donor darah  yang bertema, “ Bersatu untuk Kemanusiaan, Masyarakat Sehat Denpasar Maju ini, diikuti 250 orang.  Sari Galung mengaku sangat bangga karena peserta begitu antusias untuk ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

“Awalnya kami hanya menargetkan 100 peserta. Ternyata di luar dugaan begitu banyak yang berminat sehingga qouta kami tambah menjadi 250. Acara pembukaan dimulai pukul 10, tapi dari jam 9 kami sudah siap melayani masyarakat karena pesertanya cukup banyak. Kegiatan ini juga mengikuti protocol kesehatan yang ketat, dengan terus mengimbau peserta agar tidak berkerumum menunggu giliran,” kata Sari Galung.

Pembina Sarinah PDI Perjuangan, Ny. Putri Suastini Koster yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas kegiatan donor darah tersebut.

“Setetes darah adalah harapan  bagi yang membutuhkan. Apa yang kita berikan dengan keiklhasan tentu akan sangat membantu mereka.  Saya berharap, kegiatan ini bisa digelar rutin tiap enam bulan sehingga stok darah di PMI bisa terbantu,” kata Putri Koster.

Ia juga memberi apresiasi kepada generasi muda yang sangat antusias ikut berpartisipasi dalam acara donor darah tersebut.

“Yuk, mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk terus melakukan kegiatan kemanusiaan dan mendorong masyarakat untuk gaya hidup sehat,” ujar seniman multitalenta ini.

 

Sementara, menurut Kepala Unit Donor Darah PMI Provinsi Bali, dr. I Gede Wiryana  Patra Jaya, M.Kes.,  saat ini stok darah PMI memang menipis. Kondisi pandemic yang menyebabkan kegiatan berkumpul diminamalisasi, sehingga masyarakat ada ketakutan  mendonorkan darah.

Dengan dibukanya new normal atau tatanan  kehidupan era baru, animo masyarakat mulai tinggi untuk kembali melakukan kegiatan donor darah, dengan tetap mendepankan protokol kesehatan yang ketat. 

“Kami berharap, masyarakat terus tergerak  untuk membantu dengan menyumbangkan darahnya karena setetes darah sangat berarti bagi nyawa manusia,” imbuhnya.

Ia menyambut baik  dan berterimakasih atas kegiatan donor darah yang dilakukan PDI Perjuangan ini.

“Semoga semakin banyak masyarakat ataupun perusahaan dan lembaga yang terus melakukan kegiatan donor darah untuk membantu persediaan darah di PMI,” kata dr. Partha.

Dalam kegiatan tersebut, PMI menyiapkan 14 bed dengan 7 tenaga pengambilan darah dibantu tim lain sehingga total 12 orang dari tim PMI.

Pengambilan darah pun mengikuti protocol kesehatan yang ketat sehingga untuk melayani sekitar 250 orang ini memerlukan waktu lebih lama sekitar 4 jam.

Dalam kegiatan tersebut, juga diserahkan piagam penghargaan dari PMI Bali kepada penyelenggara donor darah. 

Ketua Taruna Merah Putih,  Angga Primadana mengatakan, sangat bangga bisa berkolaborasi dengan Sarinah PDI Perjuangan Kota Denpasar dalam kegiatan ini.

"Sebagai generasi muda, kami juga ikut berkontribusi dalam agenda aksi kemanusiaan ini. Beberapa anggota Taruna Merah Putih, dan relawan PDI Perjuangan ikut juga menyumbangkan darah mereka,” kata Angga.

Salah satu peserta donor, Siyono yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta mengaku sangat bersyukur bisa kembali menyumbangkan darahnya.

“Bulan September tahun lalu, saya terakhir menyumbangkan darah untuk yang ke 30 kali,” katanya.

Ia mengatakan, bangga bisa ikut berkontribusi dalam acara donor darah ini.

“Awalnya tertarik donor darah, karena iseng mencoba. Terus diberi penjelasan katanya donor bagus untuk kesehatan. Syukurlah  sejak ikut donor darah, kondisi selalu  sehat. Hari ini saya donor untuk ke 31 kali,” kata Siyono sembari memperlihatkan kartu pendonornya.

Acara donor darah juga dihadiri Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar dan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bali, paslon Jaya Wibawa beserta istri. (ira)

 

TAGS :

Komentar