Kunjungan Wartawan DPRD Bali ke NTB, Sinergitas di Masa Pandemi

Kunjungan Wartawan DPRD Bali ke Gedung DPRD NTB

Redaksi9.com  - Berbagai kebijakan dicetuskan  DPRD  Nusa Tenggara  Barat (NTB) dan bersinergi dengan Gubernur NTB untuk membangkitkan  UMKM dalam pandemi Covid-19. Salah satunya, membuat surat keputusan edaran bersama,  pembuatan masker oleh UMKM.

“Saat awal  Covid,  DPRD dengan Gubernur  NTB membuat edaran  agar masker yang digunakan masyarakat memang produk UMKM  NTB. Termasuk  pembuatan desinfektan juga produk SMK  di bawah pengawasan Dinas Perindustrian NTB,” ujar Kepala Bagian Umum dan Humas Sekretariat DPRD Nusa Tenggara Barat,  Baiq Zuhar Parhi didampingi Kasubag Humas Protokol dan Perjalanan Lalu Hilary, saat kunjungan Forum Wartawan DPRD Bali ke Gedung DPRD NTB di Mataram Lombok,  Jumat (27/11).

Baiq mengatakan, selain masker dan desinfektan, JPS Gemilang yang dibagikan juga merupakan  produksi UMKM NTB.

Menurut Baiq, perda  yang dihasilkan DPRD NTB lebih banyak perda inisiatif baik itu dari demo, aspirasi masyarakat saat reses dll.

Ada hal menarik yang diungkapkan Baiq.  Terlalu lamanya, berdiam diri di rumah saja, membuat anak-anak menjadi bosan.  Mereka malah banyak yang  memilih menikah muda atau di Lombok disebut kawin kecil.

“Hal ini banyak sekali  terjadi terutama di kampung-kampung, kalau anaknya sudah akil baliq, para orangtua membolehkan mereka menikah.  Sehingga hal ini disikapi dengan pembuatan perda kawin muda yang membahas soal usia yang diperbolehkan  untuk menikah,” katanya.

Selain perda membahas kawin muda,  DPRD NTB  juga  telah mengesahkan perda jalan untuk mengantisipasi kemacetan  jalan akibat iring-iringan upacara adat, dll.

Ia menambahkan Covid telah membuat  pariwisata NTB menjadi sepi. Namun,  ia masih merasa lega karena  melihat Bali sendiri juga lebih sepi.

“Biasanya tamu kalau sehabis dari Bali pasti ke  Lombok. Bali sepi, Lombok juga sepi. Gili Trawangan belum hidup karena  hanya mengandalkan turis asing. Bali belum membuka  wisatawan internasional tentu imbas juga ke Lombok,” ujarnya.

Ia berharap, Covid bisa segera  mereda sehingga kondisi pariwisata bisa hidup kembali.

Baiq mengatakan sangat senang, menerima kunjungan  20 orang awak media dari media televisi, cetak, dan online serta staf Humas Protokol DPRD Bali, sekaligus bisa bersilaturahmi.

Ia menyadari, peran media sangat besar dalam mendukung kinerja anggota dewan.  Untuk itu, sinergitas antara anggota dewan dan media menjadi suatu keharusan dalam mendorong  tersampaikannya kinerja anggota dewan secara individu maupun lembaga.

Hal senada juga disampaikan, Kabag Persidangan Setwan DPRD Provinsi Bali, I Gusti  Agung Nyoman Alit Wikrama.

Dalam upaya menjaga sinergitas dan mempercepat hubungan Humas DPRD Provinsi Bali dengan unsur  media, maka dilaksanakan  prestour ke provinsi NTB sebagai upaya mendapatkan masukan, pengalaman  positif  terkait peran media sebagai mitra kerja lembaga  legsilatif  dan eksekutif dalam melaksanakan fungsi pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan di daerah  pada  masa  pandemic Covid-19.

“NTB kami pilih karena jaraknya paling dekat dengan Bali, disamping itu, kami juga ingin mendapatkan masukan, pengalaman  positif  terkait peran media sebagai mitra kerja lembaga  legsilatif  dan eksekutif dalam melaksanakan fungsi pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan di daerah  pada  masa  pandemic Covid-19,” kata Wikrama.

Sementara Kasubag kepegawaian,  Humas,  dan Protokol  DPRD Bali, I Kadek Putra Suantara mengatakan selama ini program prestour wartawan DPRD Bali dan humas jelas dasar hukumnya pergub perjalanan dinas. Selain itu kegiatan ini sangat penting untuk sinergitas bersama media  termasuk dalam menyebarluaskan informasi .  (ira)



TAGS :

Komentar