Putri Koster Menyapa dan Berbagi di Klungkung, Ingatkan Kader PKK Peduli Sesama

Ny. Putri Koster memberikan bingkisan kepada salah satu warga Klungkung

Redaksi9.com - Persoalan sampah di Bali perlu mendapat perhatian serius dari semuanya, mengingat sampah yang tidak terkelola dengan baik bisa menjadi bom waktu.  Pengelolaan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, namun dibutuhkan dukungan dan kerja sama semua pihak. Untuk itu perlu ditumbuhkan  kesadaran dalam masyarakat untuk mulai memilah sampah serta mengolah sampahnya sendiri dan langsung selesai di sumbernya. Hal itu disampaikan, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster saat menyapa dan berbagi di Banjar Geria, Desa Kamasan, Klungkung, Selasa (22/6).


"Jangan sampai sampah yang kita hasilkan mengotori desa atau wilayah lainnya. Desaku bersih tanpa mengotori desa lainnya," pesannya.


Ia mengatakan, keberadaan PKK memilki peran yang sangat strategis di tengah masyarakat. Sebagai mitra kerja pemerintah, PKK membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi maupun edukasi di tengah masyarakat  dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi misi pemerintah, Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru. 


“PKK sebagai partner pemerintah wajib ikut memgampanyekan pengelolaan sampah berbasis sumber kepada masyarakat.  Sudah ada Pergub Nomor 47 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah berbasis sumber,  jadi tanggungjawab kita semua untuk menjalankannya,” kata sneiman multitalenta ini.
Ia menegaskan, Pemprov Bali sudah memberi payung hukum dalam penanganan sampah di Bali, kemudian juga sudah mengarahkan koridor untuk dijalankan.


"Gubernur sudah meluncurkan pedoman pengelolaan sampah berbasis sumber bahwa komando ada di tangan kepala desa atau lurah  dan bersinergi dengan bendesa adatnya.  PKK masing-masing desa kemudian ikut bersinergi pola apa yang akan digunakan dalam pengelolaan sampah tersebut," kata Putri Koster. 


Ia  mengajak seluruh Kader PKK untuk berperan aktif dalam melakukan sosialisasi dalam upaya pengelolaan sampah berbasis sumber. Sampah organik dapat  dikelola menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan sebagai pupuk untuk tanaman yang ada di halaman rumah. Dengan demikian sampah akan terkelola dengan baik dan dan halaman asri, teratur , indah, dan nyaman (HATINYA PKK) akan terwujud.


Selain soal pengelolaan sampah, Putri Koster juga mengingatkan masyarakat Klungkung untuk selalu menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19.
“Hati-hati dengan virus ini, karena tidak terlihat dengan mata, virus bisa masuk lewat hidung atau mulut, sehingga sangat penting untuk rajin mencuci tangan, memakai masker,  dan menjaga jarak,” ujarnya.


 Ia juga menyarankan untuk mengonsumsi  makanan bergizi terutama bagi anak-anak. "Jaga ibu hamil agar tetap sehat, jaga anak-anak tetap sehat, jaga lansia sehat, semua warga masyarakat sehat, Jika masyarakatnya sehat, tentu bisa berkegiatan. dan ekonomi bisa mengeliat. Masyarakat guyup  melakoni kehidupan. Dengan  masyarakat sehat akan dapat mempertahankan kejayaan negara," kata Putri Koster. 


Ia juga menekankan, kepada kader PKK yang hadir dalam kegiatan tersebut,  untuk peduli kepada lingkungan sekitar. “Kalau ada orangtua yang sebatangkara, yuk kita peduli. Orangtua itu ibaratkan dewa sekala.  Kita yang cukup materi jangan sampai menelantarkan orangtua.  Doa orangtua sangat manjur untuk orangtua. Doa orangtua yang tulus akan membawa kita ke jalan yang mulus,” katanya.


Ia menilai,  dari dulu sesungguhnya di Bali, tidak ada orangtua yang ditelantarkan. karena  kita hidup mebanjar pasti peduli.  Kalau ada orangtua sebatang kara pasti ada tetangga yang peduli. Namun, ia mengakui dengan kemajuan zaman,  sekarang ini orang mulai hidup individualis, nilai itu sudah bergeser.   Ia mengajak, mari kita peduli, lihat di lingkungan kita,di  desa kita, gerakan PKK adalah gerakan untuk menuju keluarga yang sehat dan sejahtera.

“Makanya, kenapa saya lebih suka berkegiatan yang langsung menukik dan menyasar agar tahu kondisi di lapangan. Saya hadir ke Klungkung hari ini, senang sekali melihat warga tersenyum, ibu dan anak sehat, saya bisa menyapa sekaligus  berbagi di masa pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

Acara ditutup dengan pemberian bingkisan kepada masyarakat. (ira)


 

TAGS :

Komentar