Penerbangan Langsung Moskow-Denpasar

Dua besar Indonesia untuk Rusia (nomor dua dari kanan)

Untuk pertamakalinya, maskapai Rusia membuka rute penerbangan langsung Moskow-Denpasar. Pesawat berangkat dari Bandara Sheremetyevo, Moskow, dan  tiba di Bandara Ngurah Rai, Denpasar. Biasanya penerbangan Moskow-Denpasar dengan flight Timur Tengah seperti Qatar dll, memakan waktu 18 jam dengan transit, namun, dengan adanya penerbangan langsung ini bisa memangkas waktu menjadi 12 jam tanpa transit.


Dubes Indonesia di Rusia, M. Wahid Supriyadi mengatakan, salah satu  cara meningkatkan jumlah wisatawan Indonesia ke Rusia  adalah  dengan membuka penerbangan langsung kedua negara.
Ia menilai, peluncuran penerbangan langsung Moskow-Denpasar ini dapat memberikan peluang bagi Indonesia untuk mengekspor buah-buahan tropis ke Rusia. Di sisi lain, penerbangan langsung juga akan memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.


Ia mengatakan, selain dengan penerbangan langsung banyak cara yang sudah dilakukan untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke Rusia, salah satunya dengan festival Indonesia. Acara yang digelar sejak tahun 2016 ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Rusia. Terbukti setiap festival selalu ramai dikunjungi, bahkan sejak awal dikunjungi 97 ribu orang kini malah sudah menjadi 135 ribu pengunjung. Bahkan, sebanyak 180 stan UMKM yang menjual produk makanan Indonesia dan fashion ludes diborong masyarakat Rusia. Buah-buahan tropis seperti mangga, manggis, papaya bahkan sambal Indonesia sangat disukai masyarakat Rusia,” kata M. Wahid Supriyadi.


Ia mengatakan, jika dibandingkan dengan Thailand yang mendapatkan kunjungan wisatawan Rusia  1,2 juta dan Vietnam   400 ribu, tentu pencapaian Indonesia yang hanya dikunjungi  110 ribu turis Rusia sangat sedikit.  “Saya yakin, dengan penerbangan langsung ini akan memperbanyak turis Rusia yang berkunjung ke Indonesia terutama Bali,” ujarnya.
Untuk menunjang hal tersebut, telah dijajaki pula kerja sama untuk mempermudah visa bagi orang Indonesia yang berjunjung ke Rusia.  “Sudah ada kesepakatan tinggal tanda tangan MoU. Saya yakin hal ini tentu akan berdampak pada banyaknya orang Indonesia yang berkunjung ke Rusia. Apalagi, Rusia juga banyak sekali memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik,” imbuhnya.


Ia juga sangat berharap, dengan kedatangan yang perdana penerbangan langsung Moskow-Denpasar ini akan memberi  dorongan  bagi airlines Indonesia untuk juga membuka penerbangan langsung  Denpasar-Moskow. (ira)

 

 

TAGS :

Komentar