Lanan Denpasar Panen Lele dan Sayuran Hodroponik

Lanan Denpasar Panen Lele dan Sayuran Hodroponik

Redaksi9.com - Pandemi Covid-19 sudah merebak dan sudah setahun lebih wabah ini belum menandakan untuk reda. Ditengan situasi ini dapat menjadi ancaman bagi ketahanan pangan di Indonesia. Maka dari itu diperlukan suatu upaya bersama untuk mengatasinya. Salah satunya melalui aktivitas pertanian urban atau urban farming utnuk ketahanan pangan secara mandiri.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar sudah setahun lebih berhasil menerpakan system ketahanan pangan yang dilakukan secara mandiri dan memanfaatkan lahan yang kosong untuk dimanfaatkan sebagai lahan yang produktif. Memembudidayakan ikan lele misalnya, dari hasil dari program bududaya lele tersebut Lanal Denpasar berupaya memeberikan contoh kepada masyarakat sekitar untuk bias menciptakan ketahanan pangan di masa Pandemi COVID-19 ini. Terutama membuat kolam budidaya ikan lele depan Mako Lanal Denpasar Jl. Raya Sesetan no. 331 Denpasar.

Pada hari Rabu (28/7/2021) Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Citra I Komang Teguh Ardana dan Segenap pengurus Jalasenastri Cabang 10 serta Pabinhar Jalasenastri melaksanakan panen hasil budidaya lele program ketahanan pangan Lanal Denpasar sebanyak kurang lebih 3000 ekor.

Dari hasil dari panen lele hasil budi daya tersebut akan dibagikan kepada keluarga besar Lanal Denpasar, sehingga apa yang kita dapat menghasilkan dari hasil budi daya lele tersebut akan kita nikmati bersama, ujar Ketua Cabang 10 disela-selan panen raya tersebut.
 
Panen ikan lele kali ini merupakan hasil panen yang untuk kesekian kalinya yang berhasil dilaksanakan selama kurang lebih masa 40 hari yang lalu dari pertama kali bibit ikan lele ditebar. Pada panen budidaya ikan lele tersebut, tercatat kurang lebih mencapai 3000 ekor ikan lele atau sekitar 2,5 kwintal lele siap konsumsi.
 
”Saya berharap tidak hanya saat ini saja kita dapat memanen dan menikmati hasilnya, seluruh program ketahanan pangan yang telah kita kerjakan saat ini harus dapat terus berlanjut serta dapat dikembangkan lagi kedepannya, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan prajurit kita dan keluarganya apabila terdampak kekurangan bahan pangan selama masa Pandemi Covid-19”. harap Ketua Cabang 10.

Lebih lanjut Ketua Cabang 10 menyampaikan "Ketahanan panganan ini ditujukan untuk menanggulangi ketimpangan permasalahan pangan di Kota Denpasar melalui pemanfaatan pekarangan atau lahan yang ada dengan berkebun untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri,” jelasnya.

Disamping melaksanakan panen lele Lanal Denpasar yang diwakili oleh Cabang 10 Korcab V DJA II juga memanen sayuran hidroponik yang dihasilkan dari 10 module tempat penanaman hidroponik, yang ditanami sayuran diantaranya sayur sawi hijau, bayam merah, kangkung dan pokcai.
 
Melalui program ketahanan pangan, diharapkan dapat membantu kebutuhan pangan anggota Lanal Denpasar disaat pandemic Covid-19 ini. Harapan beliau dengan budidaya ikan lele dan berkebun dengan system hidroponic tersebut akan terus berlanjut serta lebih ditingkatkan.(rls)

TAGS :

Komentar