Ikuti APCS Brisbane 2021, Wali Kota Jaya Negara Paparkan Pengembangan Startup dan Entrepreneur

Wali Kota Jaya Negara mengikuti Asia Pacific Cities Summit and Mayors' Forum 2021 secara virtual dari Kantor Walikota Denpasar,

Redaksi9.com -   Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara mengikuti Asia Pacific Cities Summit and Mayors' Forum (APCS) 2021 secara virtual dari Kantor Wali Kota Denpasar, Rabu (8/9).  APCS merupakan pertemuan para pemimpin kota dan bisnis dari seluruh kawasan Asia Pasifik yang digelar di Brisbane, Australia dari tanggal 8 - 12 September 2021.  APCS ini digelar untuk memberikan peluang koneksi, pembelajaran dan pembangunan hubungan antara sektor sipil dan bisnis. APCS dibuka oleh Wali Kota Brisbane, Adrian Schrinner. 

Kota Denpasar yang tergabung dalam Grup 2 Diskusi memaparkan tentang pengembangan ekonomi kreatif di tengah kota untuk mendorong pertumbuhan pusat sosial kota khususnya pengembangan startup dan entrepreneur.Tahun ini merupakan yang kedua kalinya Kota Denpasar mengikuti APCS setelah sebelumnya ikut serta di Tahun 2019 lalu. 

Wali Kota Brisbane, Adrian Schrinner dalam pembukaan Forum APCS mengungkapkan, pandemi covid-19 menghadirkan berbagai tantangan dan juga memberi kesempatan untuk menghadirkan APCS dalam format baru untuk lingkup yang lebih luas dengan tujuan menarik investasi yang dapat menyentuh jalur pemulihan ekonomi. 

Menurutnya, dampak kesehatan dan ekonomi dari coronavirus dirasakan di seluruh dunia, sehingga, edisi Khusus APCS ini akan memainkan peran penting dalam membantu daerah masing-masing untuk beradaptasi. “Dengan pandemi Covid-19 yang kita hadapi saat ini, kita semua berharap bangkit kembali dan mengubah kota yang ada dalam forum ini untuk bisa kembali beroperasi membangkitkan sosial dan ekonomi masing-masing. Sehingga kedepannya kita semua bisa lebih tangguh di masa depan.,”ungkapnya.

Sementara, dalam pemaparannya, Wali Kota Jaya Negara didampingi Kepala Bappeda Kota Denpasar, Putu Wisnu Wijaya Kusuma dan Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, IGA Laxmy Saraswati mengatakan di masa pandemi ini Kota Denpasar tetap berpartisipasi aktif melakukan komunikasi di forum international seperti Asia Pacific Cities Summit & Mayors' Forum 2021. “Berbagai agenda penting seperti pengembangan eksosistem bagi startup dan entepreneur muda dengan mengembangkan model pariwisata yang adaptif di masa pandemi. Dengan harapan setelah situasi membaik para negara peserta APCS bisa berkunjung ke Kota Denpasar,” ujarnya.

Wali Kota Jaya Negara berharap, peserta yang terlibat di dalam forum ini bisa bersinergi dalam dua tahun kedepan untuk menyiapkan strategi yang tepat melihat kondisi ekenomi global yang tengah terpuruk di masa pandemi ini. Kota Denpasar dalam pengembangan insan kreatif bukan  baru-baru ini, melainkan sudah dikembangkan sejak kepemimpinan walikota terdahulu yang diwujudkan dengan berdirinya gedung Dharma Negara Alaya (DNA) serta dukungan lainnya kepada ekosistem ekonomi kreatif di Kota Denpasar. (kis).


 

TAGS :

Komentar