Pemilahan Sampah di TPST Taman Sidoarjo

  • 21 Juni 2021
  • WITA

Redaksi9.com - Tata kelola Sampah menjadi isu yang dibidik para wartawan DPRD (Forward)  Bali saat kegiatan  prestur ke Jawa Timur, Kamis (17/6). 

Pimpinan Rombongan Humas DPRD Bali yang juga Kabag Persidangan setwan DPRD Bali,  Agung Wikrama mengatakan, Jawa Timur dianggap mampu menangani sampah dengan baik sehingga menjadi lokasi kunjungan para wartawan DPRD Bali  ini.   “Kami bisa belajar dari Jawa Timur bagaimana menangani sampah di Bali,” kata Agung Wikrama. 

Sementara, Ali Lativi, Kasubag Dokumentasi, Infromasi, dan Publikasi Setwan DPRD Jawa timur menyambut baik kunjungan para wartawan DPRD Bali (Forward) ini.

 
“Materi pres tur yang diambil sangat bagus. Selain bisa memberikan informasi kepada para wartawan di Bali bagaimana tata kelola sampah yang kami lakukan, kami  juga terus belajar bagaimana memperlakukan sampah ini,” kata Ali Lativi.  

Forward Bali memilih lokasi tempat pengolahan sampah ke TPST Kawasan  Taman Sepanjang, Sidoarjo. 

Koordinator Tempat Pemilahan dan Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) kawasan Taman Sepanjang Sidoarjo, Dani Trimulyo mengatakan, setiap harinya mereka menerima sampah sebanyak 40 sampai 55 gerobak dari 8000 KK. 

“Semua sampah yang datang kami usahakan tangani  setiap hari, jadi tidak ada sampah sisa kemarin,” kata Dani. 
Ia mengakui, keberadaan mesin pemilah sampah sangat menentukan. Selain mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke TPA, mesin ini mampu mengurangi tenaga manusia dalam pemilahan sampah.







Komentar