Nikmati Jamu Herbal di Tengah Wabah Corona

Jamu herbal buatan Tjok Adnyani

Redaksi9.com - Mewabahnya virus corona di Indonesia, membuat banyak orang tertarik meminum ramuan tradisional seperti jamu untuk menjaga kesehatan. Begitu juga, di Bali. Ramuan rempah yang terdiri dari jahe, temulawak, kunyit, dan sereh dicampur jadi satu untuk mendapatkan satu minuman sehat.

Tjok Istri Agung Adnyani, salah seorang penekun jamu herbal ini menuturkan, ramuan herbal kini mulai diminati.

"Sejak mewabahnya virus corona, banyak sekarang yang rajin minum jamu herbal. Apalagi, Pak Presiden Jokowi juga terbiasa minum jamu, jadi masyarakat juga ikut tertarik meminumnya," ujar perempuan dari Sanur ini.

Satu hari ia biasa menghabiskan bahan baku sebanyak 16 kilogram. Semua rempah ini dibersihkan dan dimasukkan ke dalam mesin untuk menghasilkan bubuk.

Ia mengatakan, ramuan herbal buatannya dari bahan segar dan tanpa pengawet.

" Satu hari jamu buatan saya langsung habis. Tidak ada stok. Konsumennya mulai dari pejabat, sampai ibu RT. Bahkan anak-anak juga. Sekarang masyarakat mulai sadar untuk menjaga kesehatan dengan minum jamu tradisional," tutur perempuan usia 71 tahun ini.

Namun, di balik banyaknya peminat jamu herbal ini malah membuat bahan baku ikut melambung. Ia menuturkan, sebenarnya, dari 16 kilogram bahan baku yang ia olah tiap hari, masih banyak permintaan yang belum terpenuhi. Namun, karena harga bahan melambung tinggi, ia sesuaikan dengan kondisi keuangan.

Selama ini, untuk suplai bahan baku ia bekerja sama dengan kelompok tani dari Bangli.

'Syukur sampai saat ini bahan baku masih lancar, tapi karena kenaikan harga dua kali lipat, membuatnya disesuaikan saja dengan keuangan," kata perempuan yang tinggal di Jalan Tondano Sanur ini.

Untuk satu jamu rempah komplit, ia jual satu kotak seharga Rp 50 ribu dengan berat 250 gram. Jamu sudah tinggal diseduh karena di dalamnya sudah diberi gula aren.

"Jamu ini sangat bagus untuk menjaga imunitas tubuh. Biasanya, saya minum 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Saya sendiri sudah membuktikan, badan benar-benar fit tiap hari," tuturnya. (ira).

TAGS :

Komentar