Tingkatkan Pelayanan, Angkasa Pura I Kerja Sama dengan Maskapai Penerbangan Dunia

PT Angkasa Pura I bersama asosiasi maskapai penerbangan dunia, International Air Transport Association (IATA), menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) peningkatan pelayanan dan operasional di Bandar Udara PT Angkasa Pura I, di Kantor Pusat AP1 di Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/9).

Redaksi9.com - PT Angkasa Pura I (AP1) bersama asosiasi maskapai penerbangan dunia, International Air Transport Association (IATA), menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) peningkatan pelayanan dan operasional di Bandar Udara PT Angkasa Pura I.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilaksanakan Direktur Utama AP1 Faik Fahmi dan Wakil Direktur Regional Asia-Pasifik IATA Philip Goh, di Kantor Pusat AP1 di Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/9).

Nota kesepahaman merupakan langkah awal kedua pihak menjalin kerja sama meningkatkan pelayanan dan operasional di bandara-bandara dikelola AP1.

Direktur Utama AP1 Faik Fahmi menyatakan, penandatanganan nota kesepahaman akan semakin mempererat kerjasama antara AP1 dengan IATA telah terjalin sejak 2015. ”Kami sebelumnya bekerjasama dengan IATA dalam kaitan peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM AP1 melalui berbagai macam pelatihan. Di bidang operasional bandara dan pengelolaan bidang komersial,” kata Faik Fahmi

Faik Fahmi mengungkapkan, saat ini AP1 tengah menjalankan program transformasi perusahaan terdiri atas empat pilar, salah satunya pilar organization and culture, dengan tujuan mengembangkan SDM dan budaya di dalam perusahaan. ”Melalui kolaborasi ini, kami berharap AP1 akan dapat memperoleh berbagai manfaat positif melalui program pelatihan, kursus, dan layanan konsultasi bidang aviasi,” ujarnya.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman tersebut, lanjut Faik Fahmi, AP1 dan IATA menyepakati beberapa hal menjadi ruang lingkup dan bentuk kerjasama. Di antaranya pelatihan terkait strategi peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM, layanan konsultasi peningkatan standar keselamatan dan pelayanan bandara, layanan konsultasi terkait strategi keuangan, serta layanan data intelijen bisnis lalu lintas angkutan udara.

Sementara Wakil Direktur Regional Asia-Pasifik IATA, Philip Goh mengatakan dukungan penuh kolaborasi dengan AP1. ”Perkenankan kami menyatakan bahwa IATA mendukung upaya apapun mewujudkan ekosistem aviasi menjadi lebih kuat, lebih aman, lebih efisien, dan berkelanjutan. IATA siap melanjutkan kolaborasi dengan AP1 untuk mendukung perwujudan visi AP1 yakni connecting the world beyond airport operator with Indonesian experience,” tuturnya.


“Kami bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami sehingga bisa mendukung dan meningkatkan kerjasama bisnis dengan AP1 melalui penandatanganan nota kesepahaman ini,” lanjut Philip Goh.

Faik Fahmi menambahkan, sebagai asosiasi maskapai penerbangan internasional beranggotakan sekitar 300 maskapai penerbangan atau 83% dari total lalu lintas udara. IATA selama ini banyak mendukung di berbagai bidang dalam industri aviasi serta membantu merumuskan kebijakan industri penerbangan melalui data dan infomasi strategis yang disediakan IATA. AP1 sebagai perusahaan pengelola bandara di Indonesia pun turut menggunakan data yang disediakan IATA untuk proyeksi trafik yang digunakan merumuskan kebijakan strategis, utamanya saat pandemi Covid-19.

“Kerjasama selama ini terjalin dengan IATA memiliki peran sangat positif bagi AP1. Selama pandemi Covid-19, IATA banyak memberikan informasi dan data yang kami gunakan dalam proyeksi recovery rate trafik. Tak lupa, perkenankan kami menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada IATA yang telah banyak mendukung upaya-upaya AP1 meningkatkan kinerja selama pandemi global Covid-19,” pungkas Faik Fahmi. (rls)

TAGS :

Komentar